GRATIS EBOOK 33 SENJATA PERANG PEBISNIS ONLINE

Ketahui 33 Senjata Rahasia Para Mastah dalam Membesarkan Bisnis Online Mereka

5 Tips Cara Memilih Theme untuk Blog WordPress

5 Tips Cara Memilih Theme untuk Blog WordPress

Jika anda sedang membutuhkan theme untuk blog wordpress, anda bisa saja berkunjung ke wordpress.org atau situs penyedia theme lainnya.

Saya yakin, nanti disana anda akan menemukan banyak sekali model theme yang siap pakai. Berbagai macam fitur dan penawaran-penawaran lain akan senantiasa anda temukan didalam setiap deskripsi theme wordpress.

Saking banyaknya theme yang anda temukan, saya jamin anda akan merasa bingung. Bingung untuk memilih theme manakah yang pantas anda gunakan untuk blog wordpress.

Ini karena setiap theme pastilah menawarkan kualitas yang baik pada penjelasannya. Nah, agar anda tidak binging disini kita akan membahas mengenai 5 Tips Cara Memilih Theme untuk Blog WordPress.

 

Mengapa Theme WordPress itu Penting?

Theme merupakan hal utama yang harus anda fikirkan setelah instalasi cms wordpress.

Theme harus ditentukan diawal-awal pembuatan situs atau blog karena sifat theme blog wordpress itu cenderung statis.

Artinya, jika anda saat ini menggunakan theme A maka ada kemungkinan selama bertahun-tahun anda akan tetap menggunakan theme A tersebut. Alasannya, karena jika anda sering bergonta-ganti theme nanti jelas akan mempengaruhi seo blog tersebut.

Anda bisa saja berganti theme wordpress untuk kedepennya, namun resiko yang akan timbul adalah mesin perayap harus mulai mengindex ulang blog anda untuk mengenal theme baru.

Pengindexan ulang dilakukan oleh mesin perayap karena struktur html theme telah berubah. Jadi, agar dapat dikenali oleh search engine lagi, theme anda harus diindex ulang.

Oleh karena itu, sifat theme wordpress alangkah baiknya cenderung statis/ tidak berubah.

5 Tips Cara Memilih Theme untuk Blog WordPress

Coba saja anda memasukkan kata kunci “theme wordpress” didalam address bar google.

Saya yakin akan muncul banyak sekali link rujukan yang menawarkan theme wordpress. Baik itu theme wordpress free maupun berbayar.

Nah, setelah anda melihat banyak sekali theme, anda harus memilih salah satunya sebagai theme blog anda. Pemilihan theme ini adalah hal yang rumit.

Anda mungkin akan merasa bingung untuk memilih theme yang manakah yang harus dipasang. Nah, supaya anda tidak bingung, silahkan ikuti tips yang telah saya bagikan dibawah ini.

1. Pilih Theme yang Sesuai dengan Niche Blog

Terkadang, niche dari sebuah blog bisa diketahui hanya dengan melihat theme nya saja. Contoh, jika niche yang dipilih adalah masakan maka rata-rata theme yang ditampilkan akan berwarna cerah dan bergambar makanan/ sayuran.

Jika niche yang dipilih adalah bisnis, rata-rata berwarna biru dan terdapat icon-icon pebisnis.

Pilihlah theme yang sesuai dengan niche blog wordpress yang akan anda buat. Namun jangan mudah tergiur dengan tawaran-tawaran theme yang terlalu menonjolkan gambar dan slide.

Anda harus tertarik dengan theme yang berbayar maupun gratis karena melihat fiturnya.

Jangan melihat pada gambar karena untuk gambar dan slide atau setting-setting yang lain bisa anda tambahkan sendiri dengan plugin nantinya.

2. Bersahabat dengan Web Browser

Beberapa browser yang paling sering digunakan untuk surfing internet adalah Mozilla firefox, google chrome dan internet explorer. Nah, disini anda harus mampu dalam menemukan theme yang cocok dengan banyak browser, terutama ketiga browser tersebut.

Biasanya para theme developer tidak mencantumkan tentang kecocokan theme dengan berbagai browser.

Oleh karena itu, anda bisa mengirimkan pesan singkat untuk menanyakan tentang masalah theme friendly ini.

Atau ada cara yang lebih mudah lagi, anda bisa membeli theme dari website-website yang memiliki reputasi baik dalam pengembangan theme, seperti elagantthemes.com

3. Reputasi Designer

Pahami siapa designer theme yang ingin anda pilih. Terkadang theme sederhana bisa berharga sangat mahal ketika dibuat oleh designer yang sudah memiliki reputasi yang baik dalam membuat theme.

Semakin baik reputasi seorang theme designer maka akan semakin baik plus mahal themenya.

Memang terkadang tidak semua theme yang baik berasal dari theme developer yang top. Bisa saja theme yang powerfull berasal dari theme developer pemula. Oleh karena itu, anda harus bisa bijak dalam menyeleksi theme siapa yang harus anda ambil.

4. Reviews

Cara termudah untuk mengetahui kualitas theme baik atau tidak adalah dengan melihat pada bagian review. Umumnya setiap penyedia theme menyantumkan kolow review pada setiap theme.

Review merupakan nilai feedback yang diberikan oleh konsemen kepada produsen.

Jadi, pembeli atau pengguna theme akan memberikan testimony dan skor tentang kualitas theme yang telah digunakan/ dibelinya. Pilih theme yang memiliki nilai review yang baik.

5. Budget

Untuk tips yang terakhir ini adalah tips klasik, yaitu budget atau anggaran.

Berapa anggaran yang ingin anda keluarkan untuk membeli sebuah theme.

Jangan mentang-mentang anda punya uang banyak terus membeli theme yang mahal. Belum tentu theme yang mahal memiliki fitur yang baik. Oleh karena itu, pahami terlebih dahulu keempat tips diatas.

Rata-rata theme yang berbayar memliki harga sekitar beberapa puluh dolar. Salah satu contohnya adalah theme yang saya gunakan ini, seoblogaf. Saya dulu membelinya theme ini dengan harga 30 dolar.

Itulah kelima tips yang bisa saya bagikan kali ini. Saran saya, pastikan theme yang anda pilih adalah theme yang baik. Baik bisa berarti dalam arti fitur dan dalam hal kecepatan.

Sekian artikel tentang “5 Tips Cara Memilih Theme untuk Blog WordPress“. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf

Baca Juga Ya...

Cara Mencari Backlink Yang Benar Untuk Blog Mencari Backlink merupakan suatu kegiatan yang wajib dilakukan oleh setiap blogger jika mereka ingin menjadikan Blog mereka tetap kukuh dalam pers...
Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail ... Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail – Sudah menjadi pertanyaan umum bagi para blogger, "di tahun 2015 ini, l...
10 Plugin Terbaik Gratis untuk Blog WordPress 2015 Apakah anda sedang mencari plugin yang terbaik untuk blog WordPress ?. Jika iya, maka anda telah membaca informasi yang tepat. Karena pada artikel ini...
Ciri-Ciri Blog yang Menghasilkan Uang Ciri-Ciri Blog yang Menghasilkan Uang – Ada banyak sekali alasan seseorang memiliki blog. Ada yang hanya digunakan sebagai selingan aktifitas, sek...
5 Perbedaan Blog Blogspot dibandingkan WordPress 5 Perbedaan Blog Blogspot dibandingkan WordPress - Jika membahas mengenai blog, maka kita tidak akan terlepas dari 2 raksasa penyedia layanan webblog ...

2 thoughts on “5 Tips Cara Memilih Theme untuk Blog WordPress

  1. terima kasih atas perkongsian yang sangat bagus..saya rasa selain daripada ciri-ciri diatas,terdapat juga beberapa perkara yang kita harus pertimbangkan sebelum memilih theme wordpress seperti:
    (a) adakah theme tersebut responsif?
    (b) bagaimana dengan sistem khidmat pelanggan?
    (c) dan kelajuan theme tersebut loading(penting untuk seo)

    cara kita pilih theme wordpress sangat penting,terutama sekali jika anda baru mula blogging,kerana ini akan menunjukkan identiti dan autoriti anda sebagai blogger professional

Leave a Comment