Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Artikel SEO: 20 Langkah Menulis Konten yang disukai Google dan Pengunjung

artikel seo

Mas, gimana sih cara membuat artikel seo?

Pertanyaan ini yang sering saya temukan di dalam inbox fb saya, ataupun social media saya yang lain.

Sebenarnya, jika anda browsing di Google, akan anda temukan banyak sekali blog yang membahas mengenai cara menulis artikel seo ini atau contoh artikel seo friendly.

Berikut ini penampakkannya, (Hehehe kayak setan aja)

Hasil pencarian google artikel seo

Ada 527 ribu hasil pencarian. Wuh, banyak sekali. Itu menunjukkan bahwa banyak diantara blogger yang menarget kata kunci “Artikel seo“. Kata kunci laris manis di pasaran.

Mengapa hal ini bisa terjadi?

Karena tidak sedikit blogger yang KEPO dengan SEO. Dikit-dikit seo. Padahal, sering saya jumpai banyak konten yang membahas mengenai artikel seo, namun secara isi sangat minim ilmu. (Bukan bermaksud menyindir)

Anda bisa buktikan sendiri!

Diantara sekian banyak konten yang membahas mengenai penulisan artikel seo, rata-rata mereka hanya berfokus pada mesin pencari, terutama Google. Padahal, seharusnya yang menjadi target sebuah konten adalah manusia.

Sebaliknya, ada juga konten yang membahas artikel seo namun berfokus pada manusia. Itupun tidak tepat!. Karena, sebaik apapun konten yang anda buat, jika tidak disukai oleh mesin pencari ya hasilnya NOL.

Lalu, apa yang harus anda lakukan?

Jawabannya simpel, buatlah konten yang disukai pengunjung dan search engine!

Nah, jika diambil kesimpulannya, maka yang dimaksud dengan artikel seo adalah artikel yang disukai oleh pengunjung blog dan mesin pencari.

Artikel yang disukai, sudah tentu karena artikel tersebut dianggap baik dan berkualitas. Simpel kan…

Dari pengertian tersebut, maka di dalam artikel ini saya akan membagikan bagaimana cara untuk membuat artikel seo friendly.

Mengapa Perlu Membaca Artikel SEO di sini?

Mungkin anda bertanya, kenapa saya harus membaca ulasan artikel seo di SEOblogaf ini. Kan sudah ada banyak pembahasan yang membahas topik ini.

Ok, jujur, tidak ada paksaan bagi anda untuk menbaca artikel seo ini. Jika anda lebih tertarik untuk membaca ulasan artikel seo di blog lain, silahkan. Namun, akan anda temukan banyak sekali keanehan.

Contohnya, beberapa tips artikel seo yang akan anda temukan di blog lain hanya bersifat dugaan, alias TANPA DATA. Jadi, tips-tips yang dibagikan hanyalah perkiraan semata.

Namun, pada artikel yang saya tulis di sini. Saya akan membagikan langkah-langkah menulis artikel seo friendly disertai dengan data-data yang real. Bisa dibuktikan. Bukan hanya sekedar dugaan belaka, melainkan sudah diterapkan oleh banyak blogger luar negeri.

So, satu alasan mengapa anda harus baca artikel ini, Saya akan menunjukkan “20 Langkah Menulis Konten yang disukai Google dan Pengunjung disertai dengan data“.

Kalau anda lebih srek menganggap 20 langkah ini sebagai 20 tips. It’s ok. No problem. Hehe

Baca juga, cara saya meningkatkan pengunjung blog hingga 3,5 kali lipat hanya dalam waktu 1 minggu. Cek disini.

Artikel SEO: 20 Langkah Menulis Konten yang disukai Google dan Pengunjung

1. SEO Friendly Permalink

Secara default, ketika pertama kali anda menginstal wordpress, maka permalink yang tercipta adalah domainanda.com/p=123

Apakah itu baik untuk seo?

Berdasarkan banyak referensi dari para Webmaster, link seperti itu sangat tidak seo friendly. Mengapa? Karena di dalam permalink model itu tidak tersisipi keyword dan susah diingat oleh pengunjung.

Saya telah melakukan eksperimen dengan bantuan Simple Google Result. Kata kunci yang saya masukkan adalah “cara membuat blog“. Hasilnya,

Permalink yang tidak seo

Perhatikan link-link yang telah saya beri kotak merah. TIDAK ADA link yang menggunakan permalink secara default. Artinya, memang permalink default wordpress itu tidak disukai oleh Google.

Lalu bagaimana permalink yang seo friendly itu?

Ada banyak tipe permalink seo yang bisa anda coba, berikut ini contohnya:

  • domainanda.com/cara-membuat-blog (Permalink langsung mengincar post)
  • domainanda.com/blogger/cara-membuat-blog (Permalink menyertakan kategori)
  • domainanda.com/9/10/ cara-membuat-blog (Permalink menyertakan tanggal terbit)
  • domainanda.com/cara-membuat-blog.html (Permalink menyertakan html statis)
  • dll.

Lalu mana permalink seo yang terbaik?, jika dilihat dari segi mesin pencari, sebenarnya semua tipe backlink di atas sudah baik. Karena di dalam url telah disisipi keyword.

Namun, jika dilihat dari segi pengunjung. Maka jenis permalink pertama yang lebih udah dihafal. Jadi, dapat disimpulkan bahwa permalink seo terbaik adalah yang domainanda.com/cara-membuat-blog

Untuk melihat bagaimana cara men-settting-nya, silahkan baca di Cara setting permalink seo friendly.

2. Mulai dengan Keyword

Sebenarnya, anda bebas menyisipkan keyword di awal, tengah atau pun akhir judul artikel. Namun, dari guru dan pengalaman saya pribadi, banyak sekali artikel yang mampu menempati halaman pertama google karena menyisipkan keyword di awal judul artikel.

Di sini saya berikan contoh keyword “Kursus Online” pada page 1. Berikut hasilnya,

Awali judul artikel dengan keywords

Bisa anda lihat sendiri, halaman pertama google dengan kata kunci “Kursus Online” didominasi oleh judul artikel yang menyertakan keyword pada bagian awal.

Jadi, mulailah judul artikel anda dengan keyword yang anda target.

Jika anda penasarna bagaimana cara paling gampang riset keyword, langsung aja download ebook saya di Download ebook 9 rahasia riset keyword.

3. Modifikasi Judul

Sudah sempat disingggung di awal, bahwa artikel seo bukan hanya menarget Google, melainkan juga manusia. Nah, untuk mendapatkan perhatian manusia, maka diperlukan modifikasi judul.

Maksudnya, judul yang anda gunakan harus mampu menyentuh emosi manusia. Gunakan kata-kata seperti “Terbaik, terlengkap, panduan, review, dll.”. Intinya, gunakan kata yang mampu menarik segi emosi pembaca, sehingga ia tertarik untuk mengklik judul anda.

Coschedule telah melakukan riset tentang hal ini. Hasilnya, dengan menggunakan headline yang menarik emosi pembaca, maka bisa berdampak pada viral marketing dan tentu lonjakkan pengunjung.

Viral marketing dengan modifikasi judul

4. H1 pada Judul Artikel

H1 wajib pada judul. Untuk tahap yang satu ini, tak perlu bukti karena sudah pasti. Buktinya, WordPress secara default sudah men-setting judul post dengan Heading 1.

Tetap mau bukti ? Haduh. Ok. Ini hasil view page source pada salah satu artikel di SEOblogaf. Hasilnya,

Heading 1 judul blog

Tanpa perlu setting, WordPress secara default sudah mengatur agar judul blog ter-Heading 1.

5. H2 pada Subjudul

H2 diletakkan pada subjudul artikel anda. Sisipkan juga keyword di dalamnya.

Lebih lengkap tentang penempatan Heading 1, 2 dst. Silahkan baca sendiri di Blog Heading Structure oleh Yoast (Salah satu perusahaan yang menyediakan plugin SEO terpopuler)

6. Judul Mencantumkan Angka

Judul Artikel yang menyisipkan angka, lebih disukai untuk diklik oleh pengunjung. Hasil riset oleh Conductor, memperlihatkan bahwa Headline dengan angka lebih disukai dibandingkan tanpa angka. Prosentasenya adalah 36%.

Angka pada judul blog

7. Tambahkan Kurung/ Pemisah pada Judul

Penelitian yang dilakukan oleh Hubspot, menemukan bahwa judul dengan tanda kurung mampu menarik minat pembaca, juga meningkatkan CTR hingga 36%.

Menambah kurung pada judul blog

Contoh penggunaan kurung pada artikel: (Lebih menarik mana?)

  • Cara Mendapatkan Uang
  • Cara Mendapatkan Uang (15 Langkah Menghasilkan Dolar)

Nah, lebih menarik mana? Saya yakin pasti yang kedua. Yakin.

8. Gunakan URL Singkat

Marketing Sherpa telah melakukan penelitian. Hasilnya, Url singkat mempu meningkatkan CTR hingga 2,5 kali lipat dibandingkan URL yang panjang.

Url pendek pada blog

Menurut saya pribadi, url pendek mampu meningkatkan CTR karena lebih mudah diingat manusia.

Coba anda bandingkan,

  • domainanda.com/cara-membuat-blog-dengan-mudah
  • domainanda.com/cara-membuat-blog

Lebih mudah mengingat yang kedua kan. So, mulai sekarang jangan menggunakan url yang terlalu panjang ya.

9. Gunakan Kalimat Pendek pada Permulaan

Tahukah anda, bahwa pengunjung hanya membaca 28% dari artikel anda?

Ya, ini beneran. Maka dari itu, anda harus mampu menarik minat membaca pengunjung dengan memberikan kalimat singkat di awal artikel. Contoh, salah satu konten milik Briean Dean,

Kalimat pendek di awal artikel seo

Dr. John Morkes, telah melakukan penelitian. Hasilnya, pengunjung blog lebih suka membaca kalimat pendek. Prosentasenya adalah 58%.

Kalimat pendek pada artikel blog

10. Tambahkan Bentuk Visual yang Berwarna

Menurut Xerox, manusia lebih menyukai membaca dokumen yang memiliki visual berwarna, seperti gambar berwarna. Prosentase sebesar 80%.

Konten berwarna pada artikel seo

So, tambahkan gambar, data, atau pun video yang bewarna untuk membuat pengunjung anda betah membaca konten anda.

11. Publikasi Konten yang Panjang

Professor Dr. Jonah Berger menemukan bahwa konten yang panjang lebih disukai oleh pengunjung. Prosentase 76,8% konten viral. Ini karena artikel yang panjang dianggap sebagai artikel yang pembahasannya lebih komplit.

Artikel panjang untuk pengunjung

12. Tambahkan Tombol Share

Menambahkan tombol share pada artikel anda mengajak pengunjung untuk berbagi. Studi yang telah dilakukan Google, menyimpulkan bahwa tombol share terbaik adalah yang mampu mengikuti scroll ke bawah. Prosentase 58%.

tombol share untuk artikel blog

Jadi, andaikan pengunjung telah menggeser artikel ke bagian bawah, maka tombol share tetap mengikuti sehingga terlihat. Peluang di klik pun besar.

13. Munculkan Emosi Pengunjung

Sudah sedikit dibahas pada poin ketiga tentang menarik emosi pengunjung dengan judul. Pada poin ke-13 ini, modifikasi ada pada isi artikel.

Sebuah penelitian di American Journal Association, konten yang mampu menarik pengunjung untuk men-share adalah konten yang mampu memunculkan emosi.

Konten yang membuat pengunjung emosi

Buatlah konten yang mampu membuat pengunjung terkesan, takjub, sedih, marah atau bentuk emosi lain.

Beberapa cara agar pengunjung terkesima dengan artikel anda adalah:

  • Buatlah artikel yang panjang, bisa 2000 lebih.
  • Jika di artikel blog lain membahas 10 tips, maka buatlah artikel yang membahas 50 tips.
  • Berikan artikel yang kontroversial.

14. Cantumkan Pengalaman Pengunjung

Sangat jarang saya temukan di Indonesia, blogger yang membahas mengenai perkembangan blogger lain. Termasuk saya. Hehe

Di luar sana. Para Webmaster dengan sangat terbuka berbagi tips kepada pengunjung. Ketika pengunjung itu telah sukses menjalankan tips mereka, mereka menceritakannya dalam sebuah artikel yang menarik.

Salah satu Universitas di Colombia, menemukan bahwa trik ini sangat ampuh dalam membuat artikel yang mampu menarik banyak pengunjung.

Salah satu blogger yang sering menggunakan trik ini adalah Brian Dean. Contohnya, pada artikelnya yang berjudul Content Strategy Case Study: 36,282 readers

15. Pakai Responsif Design

Sudah menjadi gosip umum, bahwa di tahun 2016 ini Google akan berfokus untuk menaikkan posisi blog yang memiliki desain mobile friendly.

Maksudnya, design template yang anda gunakan pada blog harus mencocoki pada perangkat apa blog anda dibuka.

Pada bulan april 2015, sebenarnya Google sudah membahas hal ini. Bahwa desain theme blog harus friendly di berbagai perangkat. Anda bisa baca di Rolling of mobile-friendly update.

Google juga sudah memberi pemberitahuan di Google Developer, silahkan cek disini.

Bagaimana cara cek design blog anda sudah responsif atau belum?

Anda bisa cek di PageSpeed Insights.

Cek responsif design blog

Gambar di atas merupakan contoh hasil dari pengecekan design SEOblogaf. Hasilnya, mobile design mendapatkan nilai 69. Ya lumayanlah. hehe

Salah satu cara untuk mempercepat load blog adalag dengan plugin. Cek di 5 plugin untuk membuat blog responsive.

16. Gunakan Internal Links

Internal link berfungsi untuk mengaitkan konten yang satu dengan konten yang lain dalam 1 blog.

Bahasa sederhananya, anda memasang url artikel anda yang lain di dalam satu artikel.

Fungsi lain, adalah untuk men-seo-kan konten. Karena, dengan memasang internal link maka artikel anda bisa lebih lengkap.

Jika anda perhatikan situs Wikipedia, maka akan anda temukan bahwa ada banyak internal link di dalamnya.

Internal link artikel wikipedia

Jika anda amati, anda bisa melihat bahwa di dalam 1 paragraf saja wikipedia bisa mencantumkan 4 internal link. Jika satu halaman? Ya, bisa-bisa puluhan link.

Apakah saya menyuruh anda memasang internal link sebanyak itu?

Tentu tidak.

Wikipedia merupakan situs spesial. Jadi, jangan coba-coba tiru ya.

Saya hanya akan merekomendasikan anda untuk memasang 2-3 Internal Link pada setiap artikel. Ingat, 2-3 link saja!

Selain internel link, ada bentuk link lain yang sejenis, yaitu related post. Fungsinya sama, yaitu menghubungkan artikel satu dengan artikel lain.

Bedanya, kalau internal link berada di dalam post, sedangkan related post berada di luar post. Cek cara settingnya di Cara setting related post di blog.

17. Gunakan Eksternal Links

Disamping internal link, eksternal juga sangat penting. Mengapa?

Analoginya, jika anda ingin membuat sebuah makalah, maka penggunaan footnote adalah wajib. Karena Footnote dianggap sebagai penjelas dari beberapa kalimat.

Artikel anda dianggap sebagai sebuah bacaan yang dapat dipercaya jika menyertakan referensi dari pihak lain. Anda akan sangat susah meyakinkan pembaca jika isi artikel hanya berdasarkan pendapat anda pribadi.

Jika anda teliti, artikel yang saya tulis ini banyak menyertakan eksternal link. Fungsinya tentu, untuk memperkuat poin-poin artikel seo yang saya tulis.

Mari kita lihat struktur eksternal link Wikipedia. Lebih tepatnya, lihat pada bagian bawah, kolom referensi.

Eksternal link pada artikel seo

Salah satu halaman wikipedia yang saya kunjungi mencantumkan 173 eksternal link. Waw banyak sekali.

173 Eksternal link dalam satu halaman.

Buktinya, wikipedia mampu menjadi salah satu situs paling sering dikunjungi di seluruh dunia.

Namun, jangan coba-coba untuk menanam terlalu banyak eksternal link pada artikel anda. Saran dari Webmaster yang saya kenal, tanamkan 2-4 eksternal link pada setiap 1000 kata.

18. Terapkan LSI Keywords

LSI merupakan relevansi keyword yang ditawarkan oleh Google. Mengapa ini sangat baik untuk seo?

Karena di dalam LSI anda bisa mengetahui long tail keyword (Keyword panjang) yang sering dicari. Mau bukti?

Ok. Coba masukkan kaya kunci “Cara membuat bakso“. Lalu geser ke bagian bawah, akan muncul LSI.

LSI untuk seo artikel

Nah, silahkan anda pilih saja. Mana judul artikel yang ingin anda jadikan keyword.

Jangan meremehkan LSI ya. Ini merupakan keyword yang direfernsikan oleh Google loh.

Baca: Lebih baik keyword panjang atau pendek

19. Optimasi Gambar

Optimasi gamba sangat dianjurkan oleh para Webmaster. Pasalnya, belum jelas sampai sekarang apakah Google sudah mampu membaca gambar atau masih belum.

Untuk jaga-jaga, lebih baik anda optimasi gambar.

Dalam sebuah konten yang diterbitkan oleh yoast, sudah dijelaskan pentingnya optimasi gambar untuk menunjang seo artikel.

Untuk mengetahui cara men-setting gambar, silahkan kunjungi Cara Optimasi Gambar WordPress.

20. Publish pada Waktu yang Tepat!

Shareaholic menemukan bahwa waktu yang paling tepat supaya artikel menjadi viral adalah antara pukul 8 pagi hingga 12 siang.

Waktu tepat publish artikel

Jadi, jika anda ingin mempublikasikan artikel. Lebih baik antara pukul 8 pagi sampai 12 siang.

Nah, itulah 20 langkah yang bisa anda lakukan untuk membuat artikel yang seo friendly.

Tentu, setiap orang memiliki gaya penulisan masing-masing. Namun, dari berbagai data, 20 langkah di atas secara praktek telah banyak diterapkan oleh para blogger luar negeri.

Hasilnya pun sangat memuaskan.

Jika anda ingin melihat bagaimana cara saya masuk halaman pertama Google. Bersaing dengan kompetitor yang hebat. Silahkan baca aja di Cara masuk halam pertama google [Studi Kasus]

Tidak sampai situ saja. Tentu, saya yakin anda memiliki pengalaman menulis yang hebat. Oleh karena itu, jika anda mau untuk berbagi, silahkan tuliskan masukan anda pada kolom komentar.

Yakinlah, semakin banyak yang anda bagikan maka akan semakin besar pula anda akan diberi.

Jika anda menganggap artikel ini bermanfaat, silahkan share dengan mengklik ikon social media disamping atau bagian bawah. (Semakin banyak anda berbagi, semakin banyak anda diberi)

Sekian artikel tentang “Artikel SEO: 20 Langkah Menulis Konten yang disukai Google dan Pengunjung“. Semoga bermanfaat. Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, langsung komen aja ya. 100% gratis kok. Hehehe

  • Mas saya sudah buat article SEO dan Niche di blog saya itapuih.com tapi kenapa ya masih di tolak adsense. Bisa kasih solusi mas.

    • Coba cek. Apa artikel seo yang mas buat sudah sesuai dengan 20 langkah yg telah disebutkan di atas?

  • Beberapa poin sudah sudah saya terapkan di blog, hanya saja artikel masih sedikit jadi harus lebih produktif menulis artikel menarik. Terima kasih panduan SEO, semoga blog ompian.id ke depannya akan jauh lebih baik setelah menerapkan semua poin di atas 🙂

    • Artikel msh sedikit tp kualitasnya bagus sdh hebat mas.. Hehe

  • Wah mas lengkap banget ini penjelasannya.

  • Mantap gan, nambah ilmu lagi

  • Topi Jerami

    Mas katanya internal link yg baik cuma 2-3 saja, itu kok mas lebih dari 3?

  • MATA HATI

    Baru kali ini ane mampir ,, good um,, jdie bisa review bog anec,,

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?