Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Cara Menggunakan Autoresponder Getresponse untuk List Building [Panduan Lengkap]

Autoresponder Getresponse

Saya sering sekali mendapatkan chat melalui Facebook dan WhatsApp mengenai List Building. Mereka pada bilang minta dibuatkan tutorial list building supaya trafik blog mereka naik.

Bang, gimana sih cara menggunakan autresponder?

Kak, ajarin email marketing dong…

Om, cara dapat email pengunjung tuh gimana sih…

Dll. Capek nulisnya. Hehe

Oleh karena itu, untuk artikel saya kali ini akan dibahas mengenai list building.

APA ITU LIST BUILDING?

Pertanyaan yang harus pertama kali bisa anda jawab, “Apa itu list building?“.

Ya, list building merupakan aktifitas mengumpulkan kontak email orang lain untuk keperluan marketing. Dalam istilah lain, list building ini merupakan bagian dari Teknik Email Marketing.

Dengan menerapkan list building, anda akan mampu menjalin hubungan persuasif dengan pengunjung. Sehingga jika suatu saat nanti anda memiliki produk yang ingin dijual, anda bisa memanfaatkan list email ini.

Pasti anda pernah mendengar istilah “Makin banyak teman, makin banyak rezeki” kan?

Itu merupakan istilah yang memiliki makna bahwa kita harus memiliki banyak teman (Network) supaya bisnis kita rezeki kita terus bertambah… Dalam istilah agama, biasanya disebut dengan Ukhuwah Islamiah.

Ibaratnya seperti ini. Jika anda memiliki banyak kontak Hp teman, jika suatu saat nanti anda anda punya produk, tinggal sms aja semua kontak teman anda… InsyaAllah pasti dari sekian banyak kontak ada aja yang beli.

Email pun demikian. Setiap orang yang terkoneksi dengan internet pastilah memiliki email. Jika anda mampu mendapatkan email-email ini, anda bisa memanfaatkannya untuk tujuan promosi anda kedepannya.

Ini juga salah satu cara yang saya gunakan untuk bisa mendapatkan penghasilan 8 Juta/ Bulan melalui blog. Cek caranya di 9 Cara Cari Uang Lewat Blog (8 Juta/ Bulan)

MANFAAT LIST BUILDING DALAM EMAIL MARKETING

Ada lima manfaat list building dalam kegiatan email marketing, yaitu:

1. Ampuh dalam Promosi

Menurut sebuah lembaga survey, sebesar 66% perusahaan bisnis online di Amarika mengalami peningkatan konversi penjualan melalui email marketing.

2. Hemat Biaya

Jika anda bandingkan dengan metode berbayar yang lain, email marketing adalah sangat hemat biaya.

Hanya denga biaya 100 ribu rupiah saja, anda sudah bisa mengantongi 1000 list kontak email. Sedangkan jika anda menggunakan metode lain, seperti fb ads, Instagram Ads, Google Ads, dll maka biayanya akan jauh lebih mahal.

3. Menjalin Hubungan Persuasif dengan Subscriber

Di dalam email marketing, ada sistem yang disebut dengan autoresponder. Dengan autoresponder ini anda bisa secara otomatis mengirimkan email ke subsriber (pelanggan) anda.

Pelanggan anda akan secara naluri merasa bahwa mereka sengan diperhatikan oleh anda.

4. Filtering Pengunjung Tertarget

Di dalam proses list building, anda akan menawarkan sebuah form yang berisi penawaran. Nah, orang yang tertarik dengan penawaran anda akan secara suka relah mamasukkan email mereka.

Ini berarti mereka yang memasukkan email merupakan pengunjung yang tertarget. Karena apa yang anda tawarkan sebelumnya merupakan sesuatu yang mereka suka.

Simak cara saya meningkatkan trafik pengunjung blog dengan mudah di sini.

5. Membangun Branding

Berbisnis harus berbiscara tentang brand.

Perusaaan besar pastilah memiliki brand.

Nah, email marketing ini akan membantu anda dalam proses mempopulerkan brand ini.

Biasanya, para pelaku list building setiap mengirimkan email ke pelanggan, pada bagian bawah email selalu disisipi dengan brand. Kadang, bagian atas email juga diberi logo brand.

Tujuannya tentu, agar brand ereka terkenal.

Nah, sudah tau kan 5 manfaat list building dalam proses email marketing.

Email marketing dapat berjalan jika anda menerapkan list bulding. Kalau list building gak ada, terus yang mau dikirim email siapa? *Tepok Jidat*

Panduan Lengkap Cara Menggunakan Autoresponder Getresponse untuk List Building

Setelah anda sebelumnya telah tau apa itu list building dan manfaatnya dalam email marketing, sekarang mari kita bahas mengenai tool-nya.

Karena yang akan dikelola adalah ratusan bahkan ribuan email, maka secara otomatis anda harus menggunakan tool. Nama toolnya adalah Autoresponder.

Nyatanya, ada banyak sekali tool autoresponder di Internet yang bisa membuat anda bingung. Saa juga dulu seperti itu. Hehe

Saya pribadi sudah pernah mencoba beberapa tool autoresponder, baik autoresponder luar negeri maupun autoresponder Indonesia.

Akhirnya, saya memutuskan untuk menggunakan tool luar negeri.

Mengapa?

Pengalaman saya menggunakan tool autoresponder Indonesia tuh LEMOT banget. Untuk kirim email dan konfirmasi optin form prosesnya lama. Padahal, kecepatan kirim email dalam proses email marketing sangatlah penting. *Sedih*

3 TOOL AUTORESPONDER PALING PALING POPULER

Ada tiga tool autoresponder paling populer, yaitu

  1. GetResponse (Gratis bulan pertama)
  2. MailChimp (Gratis 2000 subsribers pertama)
  3. AWeber (Bulan pertama $1)

Mana yang terbaik dari ketiga tool Autoresponder itu?

Kalau saya pribadi sudah nyaman menggunakan GetResponse. Pernah sih menggunakan MailChimp, tapi aturannya cukup ketat. Jadinya males. Hehe

Emang sih, Mailchimp menawarakan fitur autoresponder gratis untuk 2000 subsriber pertama. Tapi kalau aturannya ketat ya susah juga sih.

Kalau AWeber belum pernah nyoba. Soalnya gak ada masa trialnya (uji coba). Jadi males juga. Hehe

Nah, kalau Getresponse, bulan pertama ada masa trialnya… GRATIS SEBULAN. Trus tampilannya mantab, aturannya gak ribet.

So, saya pilih GetResponse.

Karena saya merupakan pengguna Autoresponder Getresponse, maka panduan lengkap list building ini saya fokuskan ke GetResponse ya…

Cara Menggunakan Autoresponder Getresponse

Biar lebih mudah, saya telah membaginya penjelasan mengenai Autoresponder GetResponse menjadi 5 bagian, yaitu:

  1. Cara Mendaftar GetRensponse
  2. Cara Membuat Campaign di GetRensponse
  3. Cara Membuat Optin Form di GetRensponse
  4. Cara Setting Autoresponder di GetRensponse
  5. Cara Mendapatkan Email Subsribers

1. CARA MENDAFTAR GETRESPONSE

Untuk membangun list, pertama anda harus mendaftar Getresponse dulu dong. Berikut ini caranya,

1. Silahkan daftar disini. (Gunakan link ini supaya anda berpotensi bisa mendapatkan free $25)

2. Isi email, nama depan dan pasword anda. Klik Create account

daftar getresponse

3. Cek email anda. Silahkan konfirmasi email yang telah dikirmkan oleh GetResponse. Klik Activate your account.

konfirmasi email getresponse

4. Silahkan update data diri anda lengkap. Geser ke bagian bawah, klik Update details.

Detail getresponse

5. Akan muncul kotak dialaog Verifikasi nomor hp. Silahkan anda verifikasi dengan memasukkan kode yang telah dikirimkan oleh Getresponse ke nomor anda. Selesai

2. CARA MEMBUAT CAMPAIGN DI GETRESPONSE

Langkah pertama di dalam membuat sebuah wadah email adalah dengan membuat campaign (kampanye). Silahkan ikuti tutorial berikut ini:

1. Masuk ke Dashboard Getresponse.

2. Pada bagian pojok kanan atas, klik gambar gerigi. Pilih Create Campaign.

Buat campaign getresponse

3. Masukkan nama campaign anda. Nama terserah anda, tanpa spasi. Klik Create campaign.

masukkan nama campaign getresponse

4. Campaign telah berhasil anda buat. Namun, sebelum digunakan untuk tahap selanjutnya, anda harus melakukan editing. Klik Edit Campaign Settings.

Edit campaigh getresponse

5. Pada tab General, silahkan edit bahasa campaign, aktifkan Subscribe via Email, aktifkan Notifications, Edit alamat anda.

Tab general autoresponder

6. Pada tab Profile, beri nama judul campaign (Jadi, di dalam campaign itu anda disuruh membuat judul campaign lagi. Boleh beda), Edit kategori, deskrispsi dan logo.

tab profile getresponse

7. Pada tab Permission, edit seperti gambar saya di bawah. (Bisa anda modifikasi kok..)

edit izin autoresponder getresponse

3. CARA MEMBUAT OPTIN FORM DI GETRESPONSE

Langkah selanjutnya adalah membuat Optim form. Gunanya untuk menangkap email pengunjung. Simak tutorialnya ya…

1. Pada menu Getresponse, klik Forms. Pilih Create form.

Membuat optin form autoresponder getresponse

2. Akan muncul banyak pilihan template optin form. Silahkan klik salah satu.

Pilihan membuat form di getresponse

3. Pada halaman editing optim form, silahkan edit sesuka hati anda. Bisa tambahkan gambar, nama, nomor hp, dll. Setelah selesai edit, klik Save & Publish.

halaman edit optin form

4. Copy code script ke dalam blog anda.

Code script autoresponder getresponse

5. Selesai

4. CARA SETTING AUTORESPONDER DI GETRESPONSE

Nah, sekarang saatnya anda membuat autoresponder. Fungsinya tentu untuk mengirimkan email secara otomatis kepada orang yang sudah memasukkan email mereka ke optin form anda.

1. Pada menu Getresponse, Klik Messages. Pilih Create Autoresponder.

Membuat autoresponder getresponse

2. Setting pada hari ke berapa autoresponder akan mengirimkan email ke pelanggan anda. Setting sesuai selera. Pada bagian bawah, klik Create new email.

setting autoresponder

setting autoresponder

3. Masukkan nama pesan anda (Akan muncul sebagai judul email yang bisa pelanggan anda lihat), Subject (Judul email anda), dan From (Email yang akan muncul sebagai pengirim). Klik Next step.

Autoresponder email

4. Akan muncul banyak pilihan template pesan autoresponder. Klik salah satunya.

Template autoresponder getresponse

5. Edit sesuai selera anda. Klik Next step.

step autoresponder

6. Beri nama autoresponder anda. Klik Save & publish.

Nama autoresponder

7. Selesai. Anda akan masuk ke dalam halaman Kalender Autoresponder Getresponse. Buat email autoresponder lanjutan dengan mengklik angka pada kalender atau dengan klik Create New.

Kalender autoresponder getresponse

5. CARA MENDAPATKAN EMAIL SUBSRIBERS

Setelah sebelumnya sudah dibahas seara matang bagaimana mensetting autoresponder di Getrsponse, sekarang yang menjadi pertanyaan, “Bagaimana cara mendapatkan email pelanggan?” atau dalam bahasa lain, subsriber…

Ok, banyak yang bertanya seperti itu memang.

Saya tidak akan membahas terlalu panjang di sini, karena memang artikel ini sudah sangat panjang. Hehe

Jadi, akan saya bahas secara detailnya pada kesempatan lain.

Akan saya tunjukkan gambaran luasnya saja.

Anda bisa mendapatkan banyak subsriber dengan menggunakan dua cara, gratis dan berbayar. Cara gratis di sini bisa berupa memasang optin form di dalam blog, langsung menawarkan halaman optin form kepada teman anda, pasang link optin form di signature grup, emai, dll.

Contoh, anda bisa melihat di bagian bawah setiap artikel di dalam blog ini. Anda akan menemukan optin form saya.

Optin form seoblogaf

Sedangkan cara berbayar adalah anda menggunakan iklan.

Biasanya, para pelaku metode berbayar ini menggunakan Facebook Ads sebagai sarana membangun list. Cara lain adalah dengan memasang kode optin form di dalam blog rang lain yang sudah memiliki trafik banyak.

Contoh membangun list lewat facebook ads.

Iklan fb autoresponder

Mana biasanya cara yang saya gunakan?

Saya biasanya menggunakan cara memasang optin form di blog dan memasarkannya lewat facebook ads.

Mana yang lebih enak?

Tentu yang cara gratis donk. Hehe.

Oh iya, satu lagi nih. Supaya anda mendapatkan banyak subscriber, anda harus memiliki penawaran yang menarik ya…

Ok. Itulah kelima hal yang perlu anda lakukan jika ingin menerapkan strategi email marketing list building.

Sampai sekarang.

Ingat ya kalimat saya ini…

Sampai sekarang teknik email marketing list building ini masih sangat ampuh!

So, jangan tunda-tunda lagi. Segera bangun list email anda melalui GetResponse mulai dari sekarang.

Jika anda belum memiliki blog atau landing page sebagai tempat menyisipkan kode optin form, saran saya beli saja hosting di Hawkhost. Harganya sangat murah. Hanya 28 ribu per bulan untuk fitur Unlimited.

Saya telah membagikan caranya di Cara Mendapatkan Harga Diskon Hosting Hawkhost Selamanya.

Sekian artikel tentang “Cara Menggunakan Autoresponder Getresponse untuk List Building [Panduan Lengkap]”. Semoga bermanfaat. Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, langsung komen aja ya. 100% gratis kok. Plus, jika anda merasa konten ini bermanfaat, silahkan dibagikan ya…

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?