Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

43 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan untuk Anda Coba!

bisnis-rumahan

Bisnis rumahan memang tidak akan pernah mati.

Bagaimana tidak. Setiap tahunnya, selalu saja muncul pebisnis-pebisnis baru yang siap bersaing di di dalam dunia usaha. Mungkin ini karena banyaknya seminar tentang entrepreneurship.

Akibatnya, banyak orang sangat tertarik dengan dunia bisnis, terutama bisnis rumahan bagi ibu rumah tangga.

Bisnis rumahan maksudnya bukan bisnis jual rumah loh ya. Hehehe

Bisnis rumahan berarti sebuah bisnis yang memanfaatkan rumah sebagai media utama dalam membangun usaha.

Bisnis rumahan merupakan bisnis yang menjanjikan loh. Disamping itu, modal yang digunakan juga relatif kecil.

Baca juga: 10 peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa

Kenapa harus bisnis rumahan, kok gak bisnis kantoran aja?

Saya beri contoh singkat.

Mungkin anda berpikir bahwa bekerja sebagai karyawan pada sebuah bank itu  keren, gajinya besar, dll. Nah, faktanya gaji seorang karyawan bank itu minimal 3,5 juta dan paling tinggi 35 juta rupiah.

Itu pun untuk mencapai gaji 35 juta memerlukan kenaikan jenjang karir yang lama. Bisa 20, 30 atau bahkan 40 tahun lebih untuk bisa naik ke level manager.

Gampang apa susah?

Nah, kalau bisnis rumahan gimana ya?

Saya kutip dari laman Kompas. Jodi yang berusia baru 27 tahun sudah mampu meraih omset 120 juta/ bulan hanya dari berjualan kue.

Ya, kue. Bayangkan saja. Jika keuntungan yang diperoleh Jodi adalah 30% saja. Maka pendapatan bersih yang Jodi terima adalah 36 juta rupiah.

Waw… Usia 27 tahun sudah berpenghasilan bersih 36 juta. Enak banget tuh.

Dari contoh di atas, dapat anda lihat dua keuntungan standar menjadi seorang pebisnis rumahan, yaitu penghasilan yang besar dan percapaian yang lebih cepat (di usia muda).

So, bisnis rumahan itu sangat menjanjikan untuk anda coba mulai sekarang. Bisnis rumahan juga dapat dilakukan dengan modal kecil.

Baca: Pentingnya membangun bisnis yang beretika

43 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan

Disamping faktor finansial dan efektifitas dalam mencapai goal sukses, bisnis rumahan juga disegani karena sifatnya fleksibel.

Maksudnya, anda bisa bebas bekerja kapan dan dimana saja, tidak terikan waktu. Intinya, semakin anda giat bekerja maka semakin cepat anda mencapai kesuksesan.

Ada berbagai macam model bisnis rumahan. Anda harus pintar dalam memilih ide bisnis rumahan mana yang paling tepat. Tepat di sini bisa berarti menjanjikan dan menguntungkan.

Ok. Berikut ini 43 peluang bisnis rumahan yang menjajikan. Silahkan anda pilih mana yang menurut anda itu adalah passion anda.

1. Bisnis kuliner: rumah makan

Setiap orang pasti membutuhkan yang namanya makan. Nah, melihat kebutuhan ini maka dapat dipastikan bahwa bisnis rumah makan memiliki prospek yang sangat bagus.

Anda bisa membuat rumah makan yang khusus menjual makanan khas suatu daerah. Atau biar lebih unik, anda membuka rumah makan yang menjajahkan makanan khas dari luar negeri.

Kan jarang banget tuh ada rumah makan yang di dalamnya penuh dengan makanan khas dari berbagai negara.

Tentu, anda juga tidak boleh memasang tarif mahal.

Sebagai penyemangat. Salah satu rumah makan terkenal di Indonesia adalah rumah makan bapak sutarjo. Berdasarkan hasil wawancara salah satu media, omset yang diperoleh tiap bulan adalah ratusan juta.

Apa yang dijual?

Ikan….

Iya ikan. Membuat rumah makan dengan produk utamany adalah ikan. Omset bisa ratusan juta perbulan.

Mantaaaab.

Simak kisah lengkapnya disini.

Beberapa referensi bisnis rumah makan yang patut anda coba: (Berdasarkan popularitas di Google)

  • Bisnis rumah makan ikan bakar
  • Bisnis rumah makan lesehan
  • Bisnis rumah makan prasmanan
  • Bisnis rumah makan bebek
  • Bisnis rumah makan seafood

2. Bisnis kuliner: coffee shop

Membuka coffee sepertinya sudah menjadi tren baru dunia anak muda.

Mungkin karena di Indonesia sudah banyak dimasuki oleh budaya barat yang membalut kopi sebagai sebuah seni.

Contohnya saja, kopi yang pada bagian atasnya diberi motif bunga. Adalagi, kopi yang diberi soda. Dan kopi yang lainnya.

Pokoknya, kopi sekarang tuh gak seperti kopi zaman dulu. Yang hanya sekedar minuman kopi warna hitam di dalam sebuah cangkir.

Kopi sekarang, seperti sebuah kanfas yang bisa diberi hiasan-hiasan.

Anda pernah dengan otten coffee?.. Yup, itu salah satu coffee shop yang telah memiliki banyak cabang di Indonesia.

Otten coffee adalah milik Robin boe dan Jhoni Kusno.

Otten coffe sendiri telah menjangkau pasar luar negeri. Keren kan…

Mumpung pasar kopi unik di Indonesia masih sepi, ayo segera bergerak bro…

Jika anda tidak mau bergerak dalam penyajian kopi, bisa juga berbisnis biji kopi atau kopi sachet.

3. Bisnis kuliner: catering

Hampir sama seperti poin pertama. Namun, untuk poin ketiga ini lebih pada pesanan dengan jumlah banyak.

Anda bisa membuka jasa catering. Dimana ketika ada sebuah event yang membutuhkan hidangan, maka andalah yang menyiapkan hidangan itu.

Contoh bisnis catering pernikahan

Seumpama, ada acara nikahan dengan jumlah tamu 1000 orang. Makanan untuk tamu anda yang menyediakan hidangannya.

Bayangkan. Jika untuk satu porsi, harga jual 10 ribu, dengan keuntungan 4 ribu. Maka untuk 1000 orang anda memperoleh penghasilan bersih 4 juta rupiah.

4 juta rupiah per 1 catering.

Jika dalam satu bulan anda memperoleh 5 pesanan catering, berarti 4 juta x 5 = 20 juta.

Satu bulan anda memperoleh 20 juta rupiah.

Bagaimana kalau dalam sebulan anda memperoleh 10 pesanan?, 20 pesanan?

Itung aja ndiri. Hehehe

Salah satu contoh publik figur yang sukses dalam bisnis catering adalah Gibran Rakabuming. Ia adalah anak dari Presiden kita, Pak Jokowi.

4. Bisnis kuliner: pembuatan kue ulang tahun

Kue merupakan sebuah hidangan khas yang biasanya ada pada acara-acara spesial, seperti ulang tahun.

Ulang tahun bisa berupa ulang tahun pernikahan, ulang tahun kenaikan umur, ulang tahun jadian, dll. Pokonya, ultah itu ada banyak variannya.

Melihat banyaknya kebutuhan pasar tentang hadiah ulang tahun ini, maka kue menjadi sebuah pilihan bisnis yang menggiurkan.

Jika nada memiliki keahlian membuat kue ulang tahun, langsung saja ambil model bisnis kuliner ini.

Promosi secara sederhana, pasang brosur terima pesanan kue ulang tahun di daerah-daerah keramaian dan taman kanak-kanak.

Usaha membuat kue ulang tahun sangat prospek loh.

5. Bisnis kuliner: cemilan

Siapa sih yang gak suka dengan cemilan?

Bisa dibilang bahwa semua orang suka cemilan. Meskipun anda lagi diet, pasti ada ajalah saat dimana anda makan cemilan.

Cemilan merupakan sejenis makanan ringan yang bisa dinikmati setiap saat. Untuk mendapatkannya pun tidak susah.

Di toko besar maupun kecil pasti ada yang namanya cemilan.

Anda bisa memanfaatkan keadaan ini. Anda bisa membuat cemilan sendiri, lalu anda pasarkan sendiri.

Atau jika anda merasa kerepotan, anda bisa membuat cemilan lalu dititipkan di kantin-kantin sekolah.

Mudah kan…

Oh iya. Melihat respon pasar, peluang bisnis cemilan sehat lebih diminati. Jadi, buatlah ceminal yang menyehatkan ya.

6. Agrobisnis: budidaya jamur tiram

Jamur sepertinya semakin tahun semakin bertambah penggemarnya.

Dulu, sewaktu saya masih SD, jarang sekali saya mendengan istilah makanan yang terbuat dari jamur.

Namun sekarang, dimana-mana membahas jamur. Dari mulai keripik jamur, jamur krispi, jamur balado, sup jamur, dll. Semua serba jamur.

Nah, jika anda melihat situasi seperti ini, maka anda bisa melihat peluang besar. Keuntungan bisa lebih dari 400 ribu per hari.

Peluang sebagai suplier jamur.

Jadi, anda bisa menjual jamur yang telah anda tanam kepada para penjual masakan berbahan dasar jamur.

Gak perlu menyewa lahan. Cukup berbisnis jamur tiram di rumah sendiri. Karena memang tidak butuh tanah luas untuk memulai budidaya jamur.

Budidaya jamur pun sudah banyak dibahas di internet. Silahkan saja browsing.

7. Agrobisnis: budidaya sayur hidroponik

Sayur hidroponik merupakan jenis sayuran yang ditanam dengan perantara air.

Air menjadi bahan pokok dalam menumbuhkan sayuran menjadi siap pangan.

Tidak adanya lahan tanah tidak menjadi problem bagi seorang pebisnis yang ingin budidaya sayur.

Caranya yaitu dengan melakukan budidaya sayur hidroponik.

Secara kualitas, sayur hidroponik pun tidak kalah dengan sayur organik yang ditanam di lahan tanah.

Keadaan pasar juga sangat mendukung dengan adanya tanaman hidroponik ini. Karena memang semakin lama kesadaran masyarakat akan kesehatan semakin kuat.

Jangan tanya masalah omset ya. Evita, asal Magetan jawa timur sudah mampu meraup omset 40 juta per bulan dari bisnis hidroponik ini.

8. Agrobisnis: budidaya buah organik

Rumah kaca adalah satu bentuk inovasi yang luar biasa.

Di dalamnya, biasanya ditanami dengan buah-buahan yang memiliki daya jual tinggi, yaitu buah-buah organik.

Tanpa menggunakan bahan bahan kimia.

Keunggulan inilah yang menjadikan buah organik sangat cocok untuk menarget segmen pasar kelas menengah ke atas. Itupun banyak sekali peminatnya.

Jika anda tertarik untuk budidaya buah organik, namun modal terbatas. Anda tidak perlu membuah sebuah rumah kaca.

Cukup pekarangan rumah anda tanami buah. Namun, anda tetap harus menjaga kualitas tanaman agar tidak tersentuh sama sekali dengan bahan kimia. Seperti pupuk kimia, semprotan peptisida, dll.

9. Bisnis persewaan: rental ps

Dari mulai anak baru lahir, hingga orang dewasa yang hampir mati, mungkin mereka semua suka main ps. (Hehehe lebay).

Sebenarnya, di era teknologi ini, tidak perlu memiliki ps untuk bisa bermain game ps. Cukup menginstal game ps ke komputer, maka komputer anda juga bisagunakan untuk bermain game layaknya ps.

Meskipun begitu, bagi beberapa orang, mereka tetap tertarik untuk bermain game langsung dari ps.

Katanya sih rasanya enak main ps langsung.

Melihat situasi ini, anda sangat beruntung jika membuka rental ps.

Apalagi bagi anak-anak yang suka bermain game. Wuh, bisa-bisa mereka sehari main ps 5 jam tuh. Wkwkw

10. Bisnis persewaan: rental komputer/ internet

Internet telah menjadi bagian dari keidupan masyarakat modern. Di mana-mana selalu ada koneksi.

Meskipun sebenarnya internet bisa dinikati melalui perangkat android. namun kenyamanan berselancar di dunia melalui perangkat pc tetap lebih disukai.

Mengapa?

Ya karena layarnya lebih besar. Dan mungkin kecepatan yang lebih stabil.

Jika anda browsing dengan pc, kan enak tuh bacanya. Sedangkan kalau melalui hp, duh tulisannya kecil-kecil.

Membuka jasa rental internet sangat berpotensi.

Tentu, targetnya adalah orang-orang yang butuh jaringan internet, namu mereka tidak memiliki perangkatnya.

Disamping itu, rental internet biasanya dibarengi dengan rental komputer dan print. Karena memang tidak semua orang memiliki PC dan print.

11. Bisnis persewaan: cd original

Anda suka cd bajakan?

Atau suka langsung streaming lewat youtube?

Mungkin anda suka kedua hal di atas jika ingin menonton film.

Namun, perlu anda ketahui bahwa masih banyak orang di luar sana yang lebih suka sd original.

Alasannya, karena kualitas gambar yang disediakan lebih bagus. Lebih nyaman untuk ditonton.

Nah, kan harga cd original mahal tuh.

Anda bisa mengambil kesempatan ini.

Anda buka jasa penyewaan cd original. Tentu dengan harga yang jauh lebih murah dibandingkan dengan harga beli.

Entah per sewa 1 cd durasi pinjaman 2 hari atau berapa.

Jika anda mampu mengoperasikan komputer, anda juga bisa membuka jasa burning cd.

12. Bisnis persewaan: kamar tidur

Jika rumah anda di kota, dekat dengan kampus atau lingkungan akademisi lainnya, maka beruntunglah anda.

Kenapa?

Karena rumah anda sangat berpeluang besar jika dibuka jasa sewa kamar tidur.

Biasanya, sewa kamar tidur ini laris kalau ada masa ospek di kampus, tes di kampus, dll.

Pokoknya suatu kegiatan yang mengharuskan mahasiswa untuk menetap di daerah itu hanya beberapa hari.

Nah, anda bisa menyewakan ruang tidur anda kepada mereka yang sedang mencari timpat persinggahan selama beberapa hari. Tentu, anda harus memasang target yang sesuai dengan kantong mereka.

aJadi, yang dimasuk bisnis persewaan kamar tidur di sini adalah bisnis sewa kamar harian.

13. Bisnis persewaan: kost

Jika pada poin ke 12, bisnis persewaan kamar timur ditujukan kepada orang-orang yang ingin menetap dalam jangka waktu relatif singkat (Beberapa hari). Berbeda cerita dengan persewaan kos-kosan.

Orang yang menyewa kost biasanya karena mereka butuh tinggal dalam durasi waktu yang lebih lama, bisa bulanan maupun tahunan.

Tentu, durasi lamanya nge-kost berpengaruh terhadap biaya tinggal di sana.

Jika rumah anda dekat dengan wilayah kampus, maka peluang kos-kosan sangat bermanfaat.

Anda bisa menarget para mahasiswa yang ingin bertempat tinggal sementara (Rata-rata 4 tahun).

Juga perlu anda ingat… Harga harus sesuai dengan kantong mereka.

Peluang usaha rumah kost ini memang sangat potensial jika berada di daerah yang ramai pendatang baru, seperti daerah sekitar kampus.

14. Bisnis fashion: jasa menjahit

Sebuah instansi, baik yayasan atau akademisi pasti memiliki sebuah pakaian yang seragam antara yang satu dengan yang lain.

Contoh, pada hari senin seluruh guru sekolah A harus memakai seragam B. Maka semua guru pada hari senin akan memakai seragam B itu.

Untuk mencari penjual baju yang memiliki motif dan warna seragam dengan jumlah yang banyak sangat susah untuk ditemui. Satu-satunya cara adalah dengan membeli kain.

Lalu untuk apa kain itu?

Untuk di jahitkan ke tukang jahit.

Nah, inilah peluang anda. Anda bisa membuka jasa menjahit pakaian untuk mereka.

Bahan semua sudah dari mereka. Tugas anda adalah mengetahui ukuran tubuh per orang, lalu membuatkan pakaian untuk mereka dari kain yang telah disediakan.

Bisnis menjahit rumahan ini sudah menjamur di kalangan para UKM yang terdiri dari ibu-ibu rumah tangga.

15. Bisnis fashion: buka butik

Mungkin karena kebiasaan wanita yang suka berbelanja, butik seakan tidak pernah sepi.

Ada saja pembelinya. Meskipun persaingan butik sangat ketat, namun peluang menjalankan bisnis butik tetaplah menjanjikan.

Jika anda memiliki kemampuan desain dan memproduksi baju, silahkan anda buka butik dengan produk anda sendiri.

Namun, jika anda tidak memiliki kemampuan itu, anda bisa menjual baju secara bijian. Jadi, sebelumnya anda harus membeli baju dari distributor pakaian. Lalu anda jual ulang.

Cukup sediakan tempat untuk memajang pakaian-pakaian anda di rumah. Pastikan pakaian-pakaian anda tampak terlihat dari luar. Sehingga orang yang melihat tertarik untuk datang ke butik anda.

untuk saat ini, bisnis butik yang menjamur adalah bisnis butik baju muslimah.

Jika anda mampu mengoprasikan internet, anda bisa mengombinasikan bisnis butik rumahan anda menjadi bisnis butik online.

16. Bisnis fashion: jasa pasang aksesoris

Baju sekarang gak seperti baju jaman dahulu.

Dulu, seorang yang mengenakan baju, tujuannya untuk menutupi tubuh. Namun sekarang, tujuanya untuk gaya.

Tidak hanya seoarng dari kalangan atas, dari kalangan bawah pun sekarang sudah mulai melek gaya.

Untuk membuat pakaian terkesan lebih keren, maka aksesoris dibutuhkan.

Jika anda memiliki keahlian memasang aksesoris di pakaian, seperti tambah payet, tambah kain, pasang pin, dll. Anda bisa menggunakan kesempatan ini.

Apalagi ya, kalau bertepatan dengan hari-hari besar. Biasanya jasa pasang aksesoris menjadi langganan.

Untuk lebih mengoptimalkan jasa pasang aksesoris, lebih baik anda juga membuka bisnis aksesoris wanita secara online.

17. Bisnis fashion: jasa reparasi tas, sepatu, dll.

Semua orang pasti punya yang namanya tas, sepatu atau aksesoris lainnya kan…

Nah, ada tipe orang itu yang ia tidak suka terlalu konsumtif. Dikit-dikit beli, dikit-dikit beli. Mereka lebih memilih untuk mereparasi tas atau perlengkapan mereka.

Tujuannya ya supaya tidak terjadi pengeluaran yang berlebihan.

Jika membeli barang baru, otomatis akan merogoh kocek yg mahal. Namun, apabila hanya sekedar reparasi, maka biaya pengeluaran bisa ditekan.

Anda bisa mengambil kesempatan ini. Membuka jasa reparasi.

Diantara jasa reparasi barang, biasanya yang paling banyak sih reparasi sepatu dan reparasi tas kulit yang mengelupas.

18. Bisnis pekerjaan rumah: cuci kendaraan

Indonesia sudah dikenal di banyak negara sebagai negara paling konsumtif dalam hal kendaraan, terutama sepeda motor.

Ada iklan motor baru, besok langsung beli. Ada iklan lagi, beli lagi.

Nah, ini merupakan pangsa pasar yang sangat empuk. Banyaknya kendaaraan ini menjadikan jasa cuci kendaraan sebagai pilihan bisnis yang proven.

Mengepa bisnis cuci kendaraan sangat menjanjikan?

Karena banyak orang yang tidak mau repot. Mereka mau beli, namun tidak mau merawat kendaraan mereka.

Peluang ini yang harus anda ambil, terutama bisnis cuci kendaraan motor. Karena memang mayoritas penduduk Indonesia memiliki motor.

19. Bisnis pekerjaan rumah: laundry kiloan

Hampir mirip seperti jasa cuci motor, namun sekarang obyeknya berbeda, yaitu pakaian.

Banyak orang yang malas untuk mencuci pakaian sendiri. Mungkin karena sibuk kerja, sibuk kuliah, dll.

Karena pakaian merupakan sebuah kebutuhan primer, mau tidak mau mereka harus mencuci pakaian. Karena tidak ada waktu, maka jasa laundry adalah solusinya.

Setahu saya, jasa laundry paling laris jika dibuka di dekat kampus. Mungkin karena segmentasi pasar yang diambil adalah para pelajar yang memang tidak terbiasa cuci baju sendiri.

Dari pada mereka repot, mending laundy rumahan aja. Pasti menguntungkan deh.

Baca juga: Tren bisnis laundry syariah

20. Bisnis pekerjaan rumah: potong rambut

Pernah gak anda melihat orang yang pootong rambutnya sendiri?

Pasti susah kan..

Meskipun semahir apapun anda dalam memotong rambut, untuk memotong rambut sendiri pastilah susah. Hehe

Tidak banyak orang yang ahli dalam memotong rambut. Oleh karena itu, jika anda ahli dalam hal potong rambut, silahkan buka jasa potong rambut.

Segmentasi pasarnya ya tentu orang-orang yang rambutnya pengen dipotong.

Jangan orang botak ditawari potong rambut ya.. Wkwkwk

Anda bisa membuka usaha potong rambut pria maupun wanita. Namun biasanya kalau usaha rumahan sih khusus untuk pria. Karena wanita biasanya lebih memilih salon kecantikan.

21. Bisnis pekerjaan rumah: bengkel

Banyak orang suka membeli kendaraan, tapi malas merawatnya.

Banyak orang sudah merawat kendaraan, tapi tetap aja ada kerusakan.

Sudah mencoba betulin kerusakan, eh malah tambah rusak.

Ada?

Nah, jika anda paham seluk beluk elektronik kendaraan. Silahkan buka jasa bengkel.

Meskipun tidak dinaungi nama besar seperti “Bisnis bengkel moto ahass”, dll. Anda tetap bisa membuka jasa bengkel kecil-kecilan. Seperti sekedar tambal ban, tambah angin, dll,

Jadi, bengkel rumah di sini maksudnya adalah bisnis bengkel sepeda motor mampun sepeda ontel.

Untuk membuka bisnis ini, modalnya termasuk minim. Hanya dengan 5 juta saja anda sudah bisa membuka bengkel ini.

22. Bisnis pekerjaan rumah: photocopy dan pengetikan

Sekarang sudah jamannya teknologi.

Sudah tidak perlu lagi yang namanya tulisan tangan dalam mengumpulkan tugas. Hanya perlu diketik, lalu diprint.

Membuat makalah atau karya ilmiah di kampus pun harus pakai ketikan.

Melihat keadaan ini, anda bisa memanfaatkan jasa pengetikan. Jadi, anda cukup berbicara, lalu ada orang lain yang mengetik untuk anda.

Atau dengan cara transkrip. Anda memiliki sebuah rekaman suara, suruh orang lain untuk mengetik isi rekaman itu.

Disamping itu, biasanya jasa pengetikan juga dibarengi dengan jasa photocopy dan print.

Lokasi yang ampuh untuk membuka jasa seperti ini adalah di dekat sebuah lembaga pendidikan.

Bisnis poto copy ini mampu menghasilkan penghasilan yang relatif bertambah tiap bulannya. So, memulai usaha photocopy merupakan pilihan bijak berbisnis di rumah.

23. Bisnis pekerjaan rumah: percetakan

Hampir mirip seperti jasa print, tapi ini lebih eksklusif lagi, yaitu jasa percetakan.

Brosur, pamflet, spanduk, dll. Merupakan media yang bisasa digunaan untu promosi.

promosi apapun.

Dari mulai seminar, iklan produk, membuat katalok, bendera partai, banner, dll. Semua merupakan sarana untuk promosi.

Jasa percetakkan, merupakan solusi untuk membuat media promosi tersebut.

Diantara sekian banyak model bisnis percetakan, yang modalnya paling minim adalah bisnis percetakan undangan dan buku.

24. Bisnis kesehatan: sanggar senam

Jika anda memiliki sebuah ruangan yang lumayan luas, anda bisa memanfaatkannya sebagai sanggar senam.

Anda hanya perlu mencari orang-orang yang peduli tentang kesehatan, lalu mengajak mereka ke rumah anda.

Sanggar senam biasanya secara kontinu membentuk sebuah komunitas. Nah, komunitas inilah yang mampu menjadi daya tarik munculnya member baru.

Salah satu jenis sanggar senam yang unik adalah bisnis sanggar senam muslimah.

Sanggar senam muslimah karena melihat pasar para wanita muslimah yang ingin ikut senam dengan tetap menutup aurat.

25. Bisnis kesehatan: mini spa

Tak perlu memiliki ruangan luas untuk memiliki sebuah mini spa. Cukup dengan ruangan yang nyaman dan seorang terapis spa, anda sudah bisa membuka mini spa.

Bisnis ini sangat potensial, melihat semakin banyakya kaum wanita yang peduli terhadap kecantikan. Tantu, diantara sekian banyak wanita, beberapa ada ang memikirkan budget.

Nah, mini spa memberikan solusi. Hanya dengan mengeluarkan biaya tak mahal, para wanita ini sudah bisa menikmati spa.

26. Bisnis kesehatan: mini fitnes

Tidak berbeda jauh dengan mini spa. Mini fitnes juga sangat berpotensial sebagai ajang bisnis.

Berbeda target. Jika mini spa membidik target wanita, fitnes membidik segmen pria. Namun, tidak menutup kemungkinan kaum wanita juga ada yang tertarik dengan fitnes.

Di surabaya sendiri telah banyak sekali mini fitnes yang didirikan.

Hanya dengan berbekal ruangan yang tak terlalu besar, peralatan fitness yang tak banyak, cermin yang lumayan lebar, sudah bisa menjadi bisnis yang menguntungkan.

27. Bisnis pendidikan: lembaga bimbingan belajar

Siapa sih yang gak pengen pinter?. Pasti semua orang pengen kan.

Nah, tak bisa dipungikiri bahwa populasi manusia di Indonesia setiap tahun bertambah. Semakin bertambahnya populasi manusia, maka kebutuhan akan pendidikan pun semakin besar.

Sekolah memang memberikan fasilitas pendidikan kepada masyarakat.

Namun, bagi beberapa orang sistem pembelajaran di sekolah kurang baik. Karena seorang guru memiliki tanggung jawab terhadap banyak murid. Karena banyaknya murid ini, maka konsentrasi ini bisa terpecah.

Melihat keadaan ini, maka para orang tua berinisiatif untuk memasukkan anak-anak mereka ke sebuah lembaga bimbingan belajar.

LBB menawarkan fasilitas pendidikan yang lebih terfokus. Seperti, seorang guru hanya memiliki fokus mengajar ke 1 atau peserta. Jadi, ini dianggap lebih efektif dalam proses pembelajaran.

Prospek bimbel privat rumahan ini sangatlah potensial. So, segera bertindak bro.

28. Bisnis pendidikan: kursus webinar

Kursus webinar, bahasa sederhananya adalah kursus online. Jadi, seperti kursus pada umumnya, namun yang membedakan adalah perantaranya.

Jika kursus biasanya dilakukan dengan tatap muka secara langsung, webinar merupakan jenis kursus dengan memanfaatkan tatap muka melalui koneksi internet alias tidak langsung.

Webinar sendiri di Indonesia belum begitu populer. Namun, jika di luar sana sudah sangat banyak. Beberapa webinar yang terkenal adalah udemy.

Anda bisa membuka kursus webinar sederhana dengan menggunakan video calling. Cukup cari murid, lalu setiap hari apa lakukan tatap muka secara video calling.

Tentu, pertama yang harus anda siapkan sebelum membangun bisnis webinar adalah bagaimana membuat webinar itu sendiri. Lebih lanjut lagi, anda bisa membuat aplikasi webinar.

Biasanya, para praktisi bisnis websiner secara sengaja memberikan webinar gratis dulu kepada para member. Setelah mereka puas, mereka akan menjadi member premium.

29. Bisnis persewaan: pakaian atau kostum

Di Negara manapun, sering sekali diadakan yang namanya event atau karnaval. Seperti contoh di Indonesia.

Indonesia sendiri merupakan negara yang nuansa kebersamaannya sangat kuat. Semua hal dirayakan. Tangal lahir anak, kota, provinsi, hari besar, bahkan terkadang keliharan kambing pun dirayakan. (Mungkin karena terlalu kaya. Hehe)

Namun, yang menjadi titik fokus di sini adalah bahwa setiap event biasanya mengharuskan peserta untuk menggunakan pakaian atau kostum sesuai tema.

Contoh, jika merayakan hari kartini, ya menggunakan kostum ala ibu kartini. Ikut cosplay ya pakai pakaian anime, masa ya pakai kostum spongebob.

Nah, tidak banyak orang tentu yang memiliki kostum ini. Selain itu, terkadang untuk memiliki kostum-kostum ini harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Karena kaadaan inilah, anda bisa melihat peluang yang besar.

Anda bisa membuka jasa penyewaan kostum. Harganya ya lumayan. Tugas anda pun sederhana. Hanya meminjamkan pakaian, trus pakaian itu balik. Lalu dicuci. Beres.

Contoh bisnis sewa pakaian yang paling laris adalah sewa pakaian adat.

30. Bisnis persewaan: lahan parkir

Saya sering temukan daerah di sekitar mol di Surabaya, salah satunya Royal Plaza. Rumah-rumah di samping Royal plaza ini membuka lahan parkir dengan tarif 2000 rupiah.

Tentu, ini merupakan suatu peluang yang besar. Tanpa perlu kita promosikan Royal, pengunjung datang dengan sendirinya.

Banyak sekali loh pengunjung yang lebih memilih parkir di lahan rumah daripada di royal itu sendiri, termasuk saya. Heheh. Ya mungkin karena kalau parkir di dalam royal terlalu ribet. Perlu cek STNK lah, pakai helm, dll.

Sedangkan kalau di luar royal kan bebas.

SO, jika rumah anda berada disamping suatu tempat yang ramai pengunjung, buka saja lahan parkir.

31. Bisnis internet: jasa pembuatan website

Semakin berkembangnya teknologi, maka semakin banyak orang yang sadar akan pentingnya sebuah website.

Beberapa hari yang lalu saya sempat mendapat informasi bahwa Kominfo Indonesia menyediakan seribu domain gratis untuk UKM di Indonesia.

Coba tebak apa tujuannya?

Ya supaya masyarakat Indonesia mulai sadar tentang pentingnya mengembangkan bisnis ke ranah Internet. Karena memang prospek website kedepannya sangatlah bagus.

Semua perusahaan, baik kecil maupun besar mulai bersaing dalam membangun website.

Nah, melihat celah pasar ini, jika anda memiliki skil programming tentu sangat potensial bukan. Banyaknya orang yang membutuhkan keahlian programming untuk membuat website akan menggunakan jasa anda.

Saya pernah berkunjung ke salah satu situs jasa pembuatan website. Kalau tidak salah sekali buat bayarannya sejuta. Wuh.

Silahkan anda buat jasa pembuatan website profesional. Tentu, agar anda bisa mendapatkan banyak pelanggan, utamakan kualitas dan harga yang murah.

Segera manfaatkan itu brooo.

32. Bisnis internet: dropship produk online

Salah satu problem seorang pebisnis adalah tidak punya produk.

Iya kan? Iya!

Nah, di Internet sendiri ada satu sistem penjualan yang sangat unik, namanya dropship.

Sederhananya, dropship itu anda menjual barang milik orang lain atas nama anda. Anda gak perlu stok barang, packing barang, atau kirim barang. Tugas anda hanya mencari konsumen. Kalau konsumen order produk, anda tinggak lapor ke pemilik barang.

Nah pemilik barang itu yang akan urus sisanya. Dia akan mengirim barang atas nama anda.

Enak kan.

Saya sendiri dulu pernah bekerja sebagai seorang dropshipper ketika awal-awal memulai bisnis internet. Ya lumayanlah, sehari pernah omset sejuta.

Berdasarkan hasil riset sederhana saya di Google. Produk dropship yang laris di Internet adalah dropship baju anak, batik, gadget dan tas wanita.

Jika mengacu pada pasar luar negeri, salah satu bisnis dropship adalah bisnis dropship ebay.

33. Bisnis internet: reseller produk online

Hampir mirip dengan dropship. Yang membedakan adalah kepemilikan.

Jika anda kurang nyaman dengan sistem drophip, anda bisa gunakan sistem reseller.

Jadi, anda membeli barang milik orang lain lalu menjualnya ulang. Keuntungan yang anda peroleh barasal dari selisih nilai jual anda dikurangi nilai beli.

Langkahnya lebih ribet sih jika dibandingkan dengan dropship. Tapi, proses menjualnya lebih mudah.

Mengapa?

Karena anda sudah punya barangnya. Jadi anda lebih leluasa untuk mempromosikan. Gak cuma omong doang.

Kalau pakai sistem dropship kan anda gak megang produk. Kalau sitsem reseler, anda punya produk. Meskipun itu bukan produk original anda sendiri.

Setelah anda membeli produk dari distributor, anda bisa menjualnya ke teman lewat social media. Atau situs-situs marketplace dan jual beli.

Contoh produk reseller yang populer di Google adalah dropship branded item dan sepatu.

34. Bisnis internet: penulis konten blog

Memang benar, banyak sekali orang yang memiliki blog. Namun, faktanya banyak blogger yang mati ditengah jalan.

Mati bukan berarti mati beneran ya. Maksudnya blog mereka gak berjalan lancar gitu.

Kenapa?. Karena malas dalam mengupdate konten.

Kunci dari sebuah blog adalah konten yang berkualitas. Dan untuk membuat sebuah konten bukanlah hal yang mudah. Ini karena dibutuhkan kesabaran.

Bulan pertama setiap hari update konten. Bulan kedua seminggu sekali update konten. Bulan ketiga update sebulan sekali. Bulan keempat uda gak pernah update. (Derita blogger. Wkwkwk)

Karena malasnya para blogger ini, maka muncullah jenis bisnis baru, yaitu penulis konten. Tugasnya ya cuma membuat konten sesuai dengan topik yang klien inginkan.

Contoh. Jika klien ingin dibuatkan artikel tentang kesehatan. Anda bisa membuat konten dengan judul cara menambah berat badan.

Simpel kan.

Untuk harga ya lumayan. Saya pernah melihat list harga penulis konten, 300 kata dihargai 50 ribu. Wuih enak banget kan

Saking larisnya model bisnis ini, sampai-sampai ada iklan lowongan kerja penulis artikel online loh.

Baca juga: 20 langkah menulis konten yang disukai google

35. Bisnis internet: jasa seo dan backlink

Tiap blogger memiliki problemnya masing-masing. Ada yang malas nulis, ada juga yang malas berburu backlink.

Perlu anda ketahui, disamping konten, backlink juga sangat penting.

Anda perburu backlink jika blog anda bukanlah blog yang terkenal. Kalau blog anda terkenal, backlink akan datang dengan sendirinya. Kalau blog gak terkenal yang jalan satu-satunya dengan berburu.

Nah, banyak blogger yang malas dalam mencari backlink. Inilah kesempatan anda yang jago-jago seo dan backlink.

Tentu, untuk membuka jasa ini anda harus telah memiliki skill tentang seo dan backlink.

Jika anda telah memilikinya, silahkan buka jasa ini.

Perlu anda perhatikan juga. Tidak semua jasa seo dan backlink itu dapat dipercaya. Anda harus berhati-hati dalam memilihnya.

Salah satu penyedia jasa seo spesialis backlink yang terkenal di Indonesia adalah Jasaseobacklink (JSB).

36. Bisnis internet: affiliasi produk

Bisnis affiliasi semakin hari semakin menjamur di kalangan masyaratakat Indonesia.

Dulu, ketika saya baru pertama kali mengenal Internet, bisnis Affiliasi yang paling populer adalah Clickbank dan Amazon.

Namun sekarang, semkain banyak saja program affiliasi yang muncul, seperti affiliasi jasa (pembuatan website, konsultasi, dll), afiiliasi produk (real maupun digital).

Mengapa sistem affiliasi banyak diminati?

Karena tanpa perlu memiliki produk kita sudah mampu mendatangkan profit. Yang kita lakukan hanya memasarkan link. Komisinya pun sangat besar, bisa sampai 80%.

Bayangkan, jika produk yang anda jual harganya $10, maka komisi per produk yang berhasil anda jual adalah $8.

Pahami bagaimana cara berbisnis affiliasi di tips menjual produk orang lain affiliate marketing.

37. Bisnis internet: penerjemah

Berkembangnya teknologi mengharuskan kita untuk paham berbagai bahasa, terutama bahasa inggris. Dengan memahami berbagai bahasa, maka kita akan lebih mudah meraih apa yang kita mau, seperti sebuah pekerjaan.

Nah, tidak semua orang memiliki kemampuan bahasa inggris. Bahkan, untuk sekedar menerjemahpun kesusahan.

Saya sendiri memiliki kelemahan dalam hal bahasa. Namun, itu tidak menjadi alasaan bagi saya untuk bisa masuk dalam pasar luar negeri.

Bagaimana caranya?

Menyewa jasa penerjemah. Jadi, jika saya menemukan sebuah konten atau voice berbahasa inggris dan saya tidak tau artinya, maka si penerjemah itu yang akan menerjamahkan untuk saya.

So, simple kan. Jika anda mampu berbahasa spanyol, buka saja jasa terjemah bahasa spanyol. Atau bahasa apapun. Semua bisa kok.

38. Bisnis internet: menerbitkan ebook

Ebook merupakan kependekan dari elektronik book. Artinya, buku ini bukan dicetak, melainkan berupa file.

Cek dua ebook yang telah saya terbitkan disini.

Secara isi sebenarnya sama antara ebook dan buku biasa. Hanya saja perantara untuk dapat membacanya berbeda.

Jika buku menggunakan perantara lembaran-lembaran cetak, maka ebook untuk membacanya memerlukan perangkat elektronik, seperti handphone, ipad, tablet, dll.

Sudah mulai banyak kok orang yang berbisnis ebook. Mulai dari menjual ebook sendiri atau ebook orang lain.

Tentu, keuntungan akan lebih banyak jika menjual ebook sendiri.

Cara menerbitkan ebook cukup mudah kok. Cukup buat tulisan, lalu convert ke bentuk pdf. Lalu pasarkan melalui sosial media atau apapun.

Salah satu media untuk promosi ebook adalah melalui google playstore.

39. Bisnis internet: website membership

Memiliki sebuah website masih terbilang biasa, karena banyak orang yang memilikinya. Namun, memiliki website membership adalah suatu hal yang istimewa.

Website membership meruapakan sebuah website seperti pada umumnya. Namun untuk bisa membaca seluruh konten di yang ada di dalamnya memerlukan biaya untuk registrasi.

Jadi, untuk bisa membaca kontennya ada perlu menjadi member.

Biasanya, website membership memiliki topik pembahasan yang sifatnya spesifik. Berbeda dengan website pada umumnya.

Jika website lain membahas secara general, website membership membahas sebuah topik dari mulai dasar hingga terperinci.

Contoh, website membership bisnis online. Maka jika anda mendaftar sebagai member anda akan diajarkan tentang berbisnis online mulai dari dasar sampai anda bisa menghasilkan uang.

Yang perlu anda siapkan untuk membuat website membership adalah membership software/ tool dan membership management (Kemampuan mengatur website member).

Baca juga: 9 cara cari uang lewat blog [8 Juta per Bulan]

40. Bisnis aksesoris: untuk alat elektronik

Barang elektronik telah menjadi sebuah kebutuhan primer. Artinya, tanpa barang elektronik semuanya terasa hampa.

Salah satu barang elektronik yang paling populer adalah handphone.

Saking banyaknya yang menggunakan handphone, bisa dikatakan bahwa semua orang memiliki handphone. Dari mulai anak yang baru lahir sampai orang tua yang mau mati. (Heheh)

Nah, sama seperti tubuh manusia yang memerlukan perawatan. Handphone atau alat elektronik lainnya pun memerlukan perawatan agar tampil cantik. Inilah fungsi aksesoris.

Contoh aksesoris untuk handphone adalah silikon, kaca anti gores, stiker, dll.

Anda bisa memanfaatkan peluang demam perangkat elektronik untuk untuk menjual aksesoris yang berkaitan.

Dari pencarian sederhana saya di Google, jenis aksesoris yang paling banyak dicari adalah aksesoris untuk hp dan komputer.

41. Bisnis aksesoris: untuk suvenir

Satu kebiasaan yang wajib dilakukan ketika berkunjung ke tempat lain adalah membeli suvenir.

Fungsi suvenir ini tentu sebagai barang istimewa untuk mengingatkan kita pada sebuah momen, seperti berkunjung ke kota lain.

Lain kesempatan, suvenir juga sering kita temukan pada acara-acara spesial, seperti pernikahan, perpisahan, dll.

Jadi, memang fungsi utama suvenir adalah sebagai barang yang mampu mengingatkan kita pada sebuah momen.

Jika anda bisa membuat sebuah suvenir, silahkan manfaatkan keahlian anda.

Suvenir ada bermacam-macam. Anda bisa membuat apapun sebagai suvenir. Semakin unik sebuah suvenir maka daya jualnya bisa semakin mahal.

Contoh suvenir yang umum adalah ukiran, cetak photo di gelas, cinderamata. Sedangkan yang unik adalah kerajinan tangan terbuat dari barang bekas.

Bisnis suvenir yang sedang hangat di Indonesia adalah bisnis suvenir pernikahan dan ultah anak. Bahan yang digunakan berasal dari flanel.

42. Bisnis hobi: kerajinan tangan

Hampir sama seperti suvenir, hanya saja ini lebih spesifik lagi.

Jika suvenir bisa menggunakan alat elektronik, maka kerajinan tangan disini memanfaatkan keketerampilan anda untuk menciptakan sebuah produk.

Seperti membuat patung dari tanah liat, tas dari plastik bekas, dll.

Kerajinan tangan biasanya dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumahan sebagai uaha sampingan. Berbentuk UKM kecil.

Meskipun begitu, jika usaha ini terus dikembangkan, maka peluang besar untuk menjadi UKM besar juga tidak menutup kemungkinan.

Bisnis kerajinan tangan secara umum memanfaatkan barang bekas yang didaur ulang. Seperti kertas yang sudah tidak terpakai dan barang bekas lainnya.

43. Bisnis unik: arisan

Karena saya juga tidak tau arisan itu masuk kategori bisnis apa, jadi saya masukkan bisnis unik ajalah. Hehehe

Anda pasti sudah kan sistem arisan itu bagaimana.

Yup,. mengumpulkan uang dari beberapa member. Lalu pada setiap hari atau tanggal apa ditentukan siapa yang akan mendapatkan keseluruhan uang itu.

Sama seperti judi?

Secara gambaran singkat ya memang seperti judi. Namun, dalam sistem arisan semua member pasti memiliki hak untuk memperoleh uang itu, hanya saja waktunya belum ditentukan.  Jadi sistem giliran.

Sedangkan judi, kita tidak memiliki kepastian untuk mendapatkan uang. Jadi tidak ada sistem giliran. Siapa yang beruntung, ia yang dapat.

Bisnis arisan sekarang sudah gak nanggung-nanggung. Ada yang namanya arisan online, arisan mobil, motor, dll.

 

Nah, itulah 43 model bisnis rumahan yang bisa anda coba, terutama bagi para ibu rumah tangga. Daripada di rumah ngelamun nunggu suami, kan mending dibuat untuk  berbisnis. Bisa buat tambah uang belanja. Hehe

Modalnya pun tidak terlalu besar.

Sedangkan peluangnya, wuh sangat besar.

Sebenarnya, masih banyak ide bisnis rumahan yang lain. Karena memang macam bisnis ini sangatlah banyak.

Oleh karena itu, jika anda memiliki ide bisnis rumahan yang lain, silahkan tulis dalam kotak komentar ya. Biar konten ini bisa saya tambah lagi referensinya.

Oh iya, jika anda tertarik untuk memulai bisnis properti, simak penjelasannya di cara memulai bisnis properti bagi pemula.

Sekian artikel tentang “43 Peluang Bisnis Rumahan yang Menjanjikan untuk Anda Coba!“. Semoga bermanfaat. Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, langsung komen aja ya. 100% gratis kok. Plus, jika anda merasa konten ini bermanfaat, silahkan dibagikan ya…

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?