Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Cara Membuat XML Sitemap di Blog WordPress dengan Plugin

Membuat XML Sitemap di blog wordpres  bisa dibilang sebagai suatu hal yang penting.

Karena dengan memasang XML Sitemap ini, maka mesin perayap akan lebih mudah merayapi setiap url/ konten yang ada di dalam blog kita.

Semakin cepat konten kita dirayapi, maka peluang menempati posisi pertama di mesin pencari juga besar.

Sebenarnya, ada banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat sitemap di blog wordpress. Namun, pada artikel ini kita akan membahas cara membuat sitemap menggunakan plugin. menurut saya pribadi, dengan menggunakan plugin ini proses pembuatan sitemap akan lebih mudah.

Artikel sebelumnya: Cara Setting Plugin Wordfence untuk Mengamankan Blog WordPress

Cara Membuat XML Sitemap di Blog WordPress dengan Plugin

Ada beberapa plugin wordpress yang bisa anda gunakan untuk membuat XML sitemap. Diantara plugin-plugin itu, ada satu plugin yang memiliki jumlah pengguna terbanyak dan review terbaik, yaitu Google XML Sitemap. Maka dari itu kita akan menggunakan plugin ini. Berikut ini langkah-langkahnya:

  1. Login Dashboard
  2. Klik Plugins, pilih Add New
  3. Pada kotak pencarian plugin, ketikkan Google XML Sitemaps lalu klik Search Plugins
  4. Jika telah ditemukan, klik Install Now
  5. Klik Activate Plugin
  6. Masuk ke munu Settings, pilih XML Sitemaps Settings pilih XML Sitemaps
  7. Setting XML Sitemap/ biarkan default. Klik update options

Cara Setting Plugin Google XML Sitemap

Basic Options

Notify Google about update of your Blog : Memberi tahu Google jika ada update konten baru di situs anda. silahkan centang pilihan ini.

Notify Bing (formerly MSN Live Search) about updates of your Blog : Memberi tahu Bing jika ada update konten baru di ditus anda. silahkan centang pilihan ini.

Add sitemap URL to the virtual robots.txt file : Pilihan ini akan mengedit file robots.txt Anda, menunjuk setiap mesin pencari untuk sitemap XML Anda. Saya sarankan untuk mengaktfikan pilihan ini untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat menemukan sitemap XML Anda.

Try to increase the memory limit to : Bagian ini akan meningkatkan batas memori Anda saat membuat peta situs baru.

Try to increase the execution time limit to : Bagian ini mirip dengan sebelumnya di mana Anda akan dapat meningkatkan waktu eksekusi maksimum script PHP.

Include a XSLT Stylesheet : Bidang ini akan memungkinkan Anda untuk menentukan XSLT stylesheet kustom untuk file XML Anda. Kebanyakan akan menggunakan default, tetapi jika Anda memiliki alasan tertentu untuk menggunakan tata letak kustom, Anda dapat memasukkan path lengkap ke file .xls ini.

Include XML Sitemap in HTML Format : Pilihan ini memungkinkan bagi Anda untuk memasukkan Peta situs Anda dalam format HTML. Aktifkan pilihan ini.

Additional pages

Tidak semua url yang ada di situs anda akan secara otomatis terdaftar sitemapnya, seperti pages-pages tertentu. Oleh karena itu, anda harus secara manual menambahkan url tersebut.

Post Priority

Pada bagian ini, ada 3 pilihan yang berbeda yang mungkin Anda gunakan untuk secara otomatis menyesuaikan prioritas posting dan halaman. Prioritas memungkinkan Anda untuk memberitahu Google dan mesin pencari lain halaman yang paling penting di situs Anda dengan nilai berkisar 0,0-1,0. Secara default, prioritas pasca ditetapkan untuk 0,5.

Sitemap Content

Bagian ini menentukan apa jenis konten yang ingin Anda sertakan dalam sitemap XML Anda. Di sini, Anda dapat menyertakan jenis konten dalam sitemap XML Anda untuk memastikan bahwa Anda mendapatkan eksposur yang tepat dari mesin pencari.

Exclude Item

Bagian ini dapat digunakan untuk mengecualikan kategori tertentu dan halaman untuk diindeks dalam sitemap XML Anda. Tentu saja, mesin pencari mungkin masih mengindeks konten itu, tapi tidak termasuk dari sitemap XML Anda.

Change Frequency

Dalam bagian ini, Anda akan dapat menentukan seberapa sering konten tertentu diperbarui sehingga mesin pencari tahu seberapa sering untuk menjelajahi data Anda. Tentu saja, mereka masih dalam kontrol atas seberapa sering mereka memeriksa informasi baru, tetapi pengaturan ini dengan tepat akan memberikan mereka saran yang baik dari seberapa sering untuk harus memeriksa perubahan.

Priority

Pada bagian ini, Anda akan dapat secara manual mengubah prioritas dari masing-masing bagian Anda dari situs Anda. Menetapkan prioritas yang lebih tinggi akan memungkinkan konten untuk disarankan ke mesin pencari bahwa konten tersebut lebih penting.

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai cara membuat popular post pada blog. Widget ini sangat penting untuk sebuah blog blog. Popular post yang akan saya tunjukkan ini memiliki tapilan keren plus elegan. Cek saja di Cara Membuat Poplar Post Elagant pada Blog WordPress

Sekian artikel tentang “Cara Membuat XML Sitemap di Blog WordPress dengan Plugin”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf

 

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?