Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Cara Mudah Backup dan Restore WordPress Melalui Hosting Cpanel

Backup dan restore adalah upaya yang dilakukan untuk mengantisispasi jika suatu saat nanti server hosting kita eror. Karena tidak jarang, hosting yang sebelumnya baik-baik saja suatu saat nanti akan terjadi gangguan dikarenakan beberapa hal seperti crass, dirusak oleh hacker, cracker atau penyebab lain.

Artikel sebelumnya: Cara Setting Ping Service di Blog WordPress Agar Cepat Index

Sebagai bahan jaga-jaga terhadap kejadian seperti tersebut, maka alangkah baiknya jika anda secara rutin untuk melakukan backup data wordpress. Backup bisa anda lakukan sebulan sekali, dua bulan sekali atau berapapun terserah anda. Hal ini dilakukan jika suatu saat nanti server anda mengalami eror anda tak perlu khawatir karena anda telah memiliki data backup. Yang perlu anda lakukan hanya melakukan restore.

Ada banyak sekali cara yang bisa anda gunakan untuk melakukan backup dan restore. Ada yang menggunakan FTP (File Transfer Protocol), plugin, bantuan CS penyedia hosting, melalui hosting cpanel wizard, dll. Nah, pada artikel ini kita akan membahas mengenai cara backup dan restore wordpress melalui tool wizard yang telah tersedia di hosting cpanel. Menurut saya, ini merupakan cara paling mudah.

Cara Mudah Backup dan Restore WordPress Melalui Hosting Cpanel

Pada artikel ini akan dibahas secara terperinci mengenai dua hal yang terpisah, yaitu cara untuk membackup dan merestore wordpress. Oleh karena itu, silahkan diikuti baik-baik ya tutorialnya.

1. Cara Mudah Backup WordPress Melalui Hosting Cpanel

  1. Login Cpanel hosting anda
  2. Klik ikon Backup WizardCara Mudah Backup dan Restore WordPress Melalui Hosting Cpanel
  3. Pada kolom Backup or Restore pilih Backupfull backup wizard tool
  4. Klik Full Backupfull backup pada menu wizard
  5. Pastikan kolom Backup Destination pastikan muncul tulisan Home Directory. Masukkan alamat email anda supaya jika proses backup telah selesai anda akan menerima pemberitahuan. Klik Generate Backup.generate backup untuk download
  6. Klik Go Backgo back untuk mendownload hasil backup
  7. Akan muncul kode backup. Silahkan klik lalu Save (Jika menggunakan download browser) atau klik Start Download (Jika menggunakan IDM).
  8. Tunggu hingga proses download selesai. DONE

2. Cara Mudah Restore WordPress Melalui Hosting Cpanel

Jika suatu saat nanti server hosting anda mengalami masalah, silahkan lakukan restore. Tentu, jika anda ingin melakukan restore hal pertama yang harus anda lakukan adalah memiliki file backup yang telah anda download sebelumnya. Tutorial backup sudah ada diatas.

  1. Klik ikon Backup Wizard
  2. Pada kolom Backup or Restore pilih RestoreCara Mudah Restore WordPress Melalui Hosting Cpanel
  3. Klik Home Directory (Karena sebelumnya anda telah menyimpannya di home directory)
  4. Klik Telusuri. Pilih file backup lalu klik Opentelusuri file restore
  5. Klik Upload
  6. Tunggu hingga proses upload selesai. DONE

Ok, sekarang anda telah memahami cara termudah untuk membackup dan merestore wordpress melalui wizard tool hosting Cpanel. Pada tutorial selanjutnya, kita akan membahas tentang cara mengamankan blog wordpress. Langsung saja cek caranya di Cara Setting Plugin Wordfence untuk Mengamankan Blog WordPress.

Sekian artikel tentang “Cara Mudah Backup dan Restore WordPress Melalui Hosting Cpanel”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?