Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

3 Cara Mudah Mengetahui Kualitas Kompetitor di SERP [Mudah atau Susah]

cara mudah mengetahui kualitas kompetitor di serp

Bagaimana sih cara mudah mengetahui kualitas kompetitor di serp (mesin pencari) ?

Jika anda adalah seorang blogger, maka pertanyaan di atas merupakan pertanyaan umum.

Beberapa tahun yang lalu, ketika Google masih giat-giatnya melakukan penilaian sebuah situs (Biasa disebut dengan istilah Pagerank), untuk mengetahui kekuatan competitor itu mudah. Caranya hanya dengan melihat nilai Pagerank yang pesaing kita.

Bahkan, sempat muncul suatu pernyataan yang sampai saat ini masih menjadi controversial, yaitu se-original apapun konten dari sebuah blog, jika konten tersebut di copy oleh situs lain yang memiliki pagerank yang lebih tinggi maka peringkat konten di SERP yang lebih tinggi adalah milik pengkopi.

Mengapa ?,

Karena konten yang dikopi itu dipublish pada situs yang telah memiliki penilaian yang lebih bagus dihadapan Google. Saya juga belum tahu, ini benar atau salah. Lupakan sajalah

Semenjak setahun atau dua tahun yang lalu hingga sekarang. Google sudah sangat jelas menunjukkan bahwa kualitas sebuah site itu bukan lagi dilihat pada Pagerank. Ini dikarenakan Google telah mengeluarkan Algorita baru yang didalamnya tidak ada peng-update.an Pagerank.

Pertanyaannya, lalu sekarang untuk mengetahui kualitas pesaing kita bagaimana ?. Nah, untuk menjawab pertanyaan ini mari kita lanjutkan pembahasannya.

Cara Mengetahui Kualitas Kompetitor [Saran Para Master]

Sudah banyak sekali para Webmaster yang mendiskusikan hal ini. Dari hasil ini dapat Saya simpulan bahwa, kualitas/ kekuatan kompetitor dapat dilihat dari segi Authority. Sedangkan authority itu dibagi menjadi dua, yaitu Domain Authority (DA) dan Page Authority (PA).

Ditambah, dari hasil pengamatan yang telah saya lakukan pada tahun 2016. Banyak di antara blogger yang tidak hanya melihat kualitas blog dari kaca mata authority-nya saja, melainkan ada faktor lain. Faktor itu adalah Trust Flow.

Berbeda dengan domain authority dan page autority yang algoritmanya menggunakan algoritma MOZ. Untuk trust flow itu memiliki nilai algoritma yang berbeda.

Tambahan: Kualitas sebuah blog sangat ditentukan oleh kualitas konten. Cek 20 langkah menulis artikel seo.

3 Cara Mudah Mengetahui Kualitas Kompetitor di SERP

Ok, mari kita langsung membahas ke-3 cara itu. Silahkan simak penjelasan di bawah ini.

1. Domain Authority

Sama halnya dengan Pagerank. Domain Authority merupakan penilaian yang diberikan oleh mesin pencari untuk memperlihatkan kualitas sebuah Nama Domain.

Semakin tinggi nilai yang diperlihatkan didalam Domain Authority, maka dapat diketahui bahwa kompetitor kita adalah semakin kuat.

cek domain authority blog kompetitor

Bisa anda lihat di atas, SEOblogaf memiliki DA 23,75. Itu bukanlah nilai authority yang buruk.

Saya pernah membaca, bahwa sebuah blog bisa dikatakan memiliki authority yang baik jika nilainya di atas 15.

Anda bisa melakukan pengecekan Domain Authority di Checkmoz.

2. Page Authority

Page Authority merupakan penilaian dari setiap konten sebuah situs. Jika Domain Authority memperlihatkan kualitas secara General, namun Page Authority menunjukkan penilaian pada setiap URL.

Jadi, semakin banyak nilai yang tertera pada Page Authority maka page kompetitor Kita akan semakin kuat.

Nilai yang ada pada domain dan page tentulah berbeda. Karena kualitas konten dan backlinknya juga berbeda. Jadi, anda juga harus memerhatikan nilai authority dari page pesaing anda.

Bahkan, sebenarnya yang lebih penting adalah page authority. Karena page authority tidak hanya menilai domain secara general, melainkan url secara spesifik.

cek page authority blog kompetitor

Page Authority SEOblogaf adalah 29.91. Lebih tinggi dibandingkan domain authoritynya.

Untuk melihat page authority, anda bisa cek di Checkmoz.

3. Trust Flow

Trust flow diperkenalkan oleh Tool premium Majestic SEO.

Banyak blogger yang mengatakan bahwa trust flow sangat penting dalam melihat kualitas sebuah blog. Semakin tinggi nilanya, maka semakin berat kualitas kompetitor anda.

Saya coba cek trust flow salah satu blog terkenal Indonesia. Blog milik mas sugeng.

trust flow blog kompetitor

Blog milik mas sugeng memiliki nilai trust flow 14. Tidak terlalu buruk. Meskipun nilai yang tercantum masih kurang dari angka 15.

Saya pribadi memang merasakan. Untuk memperoleh nilai trust flow yang tinggi memang susah. Lebih susah dibandingkan dengan memperoleh DA dan PA.

Jadi, jika anda menemukan pesaing yang memiliki nilai trust flow tinggi. Maka dia adalah pesaing yang sangat kuat.

Ada bisa mengecek trust flow sebuah blog melalui Majestic.

Nah, itulah tiga hal yang perlu anda lihat jika ingin mengetahui seberat apa kompetitor anda.

Sebagai tambahan saja, beberapa waktu yang lalu saya sempat menulis pengalaman bagaimana cara saya bisa masuk page one google dengan mudah. Cek aja di 7 langkah agar masuk halaman pertama google.

Sekian artikel tentang “3 Cara Mudah Mengetahui Kualitas Kompetitor di SERP [Mudah atau Susah]”. Semoga bermanfaat. Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, langsung komen aja ya. 100% gratis kok. Hehehe

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?