Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Cara Setting Pengguna atau User Admin Blog WordPress

WordPress menyediakan 5 hak pengguna atau user untuk tiap blog. Pada setiap user, wordpress telah memberikan hak aksesnya masing-masing. Pada tingkatan tertinggi, user wordpress disebut Administrator. Sedangkan pada level yang paling bawah, user wordpress disebut subscriber.

Artikel sebelumnya: Cara Menambahkan Form Kontak di Blog WordPress Plus Setting

Adanya pembatasan hak akses pada setiap tingkatan user dimaksudkan untuk tujuan yang berbeda.Tentu, anda harus memahami satu per satu hak aksesnya masing-masing sebelum memutuskan untuk memanfaatkan fitur wordpress yang satu ini.

5 Tingkatan Pengguna atau User Blog Worpress

1. Administrator

Level tertinggi dipegang oleh seorang Administrator. Usur pada tingkat ini memili hak akses 100% blog wordpress. Ia bisa mengedit theme, mempublish artikel, install plugin, dll. Intinya, semua hak akses yang dimiliki oleh 4 user lain dimiliki oleh Administrator. Biasanya, Administrator pada sebuah blog hanya terdiri dari 1 orang saja.

2. Editor

Satu tingkat dibawah Administrator adalah Editor. User tingkat ini memiliki hak akses yang hampir sama seperti seorang Administrator. Ia bisa mempublish artikel, mengedit, menambah pages, dll. Hanya saja, seorang Editor tidak memiliki hak akses untuk masuk ke dalam menu Setting, Appearance dan Plugins pada dashboard blog.

3. Author

Author ini mampu melakukan publikasi artikel dan mengeditnya. Hanya saja, artikel yang diedit hanyalah artikel miliknya, bukan milik orang lain. Pada tingkatan ini, user tidak perlu meminta izin kepada Editor jika ingin mempublikasikan sebuah artikel. Karena publikasi tanpa izin adalah hak akses seorang Author.

4. Contributor

Hampir sama seperti seorang Author, Contributor pun mampu mempublikasikan artikel. Namun, sebelum berhasil dipublikasikan, artikel akan melalui proses review oleh Editor. Jadi, artikel yang disubmit harus terlebih dahulu mendapatkan izin dari Editor.

5. Subscriber

User Subscriber hanya memiliki hak akses untuk mengedit profilnya saja. Ia tidak memiki hak akses seperti user lain yang diperbolehkan untuk mempublikasikan artikel. Seorang subscriber diberi hak untuk berkomentar namun dengan login terlebih dahulu.

Cara Setting Pengguna atau User Admin Blog WordPress

Ok, setelah anda memahami perbedaan anatar kelima tingkatan pengguna wordpress, sekarang kita akan membahas mengenai cara settingnya.

  1. Login Dashboard
  2. Klik Users, pilih Add New
  3. Isi kolom formulir user dengan lengkap. Untuk kolom yang disampingnya ada tulisan required, maka wajib diisi. Sedangkan kolom yang tanpa required, berarti opsional. Lalu klik centang untuk mengirimkan notifikasi password kepada user baru.formulir menambah user baru wordpress
  4. Pada kolom Role, tentukan tipe User apa yang anda pilihadd user wordpress
  5. Klik Add New User

Nah, sekarang anda sudah memiliki user tambahan. Selanjutnya, kita akan belajar cara memasang video youtube di blog wordpress.

Sekian artikel tentang “Cara Setting Pengguna atau User Admin Blog WordPress”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf

  • Nesha Alianty

    Mantap kaka boleh di coba nihh,,,
    kunjung sini juga yah ka http://ayoknonton.com/

    • Iya sis. Makin banyak penulis, makin banyak update, makin banyak pengunjung

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?