Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

7 Langkah agar Blog/ Website Masuk Halaman Pertama Google [Studi Kasus]

Masuk Halaman Pertama Google

Masuk halaman pertama google tentu menjadi hal penting dalam dunia blogging.

Mengapa?

Dalam sebuah penelitian pada tahun 2015, ditemukan bahwa 91,5% pengunjung lebih tertarik dg halaman pertama. Berikut ini prosentasenya:

  • Halaman 1; 91,5%
  • Halaman 2; 4,8%
  • Halaman 3; 1,1%
  • Halaman 4; 0,4%

Bisa anda lihat sendiri di atas. Semakin jauh halaman sebuah blog/ website, maka peluang diklik oleh pengunjung akan semakin kecil.

Mari kita perinci lagi…

Jika anda sudah masuk halaman pertama Google, berapa prosentase yang akan anda dapatkan jika berhasil berada pada posisi 1?. Hasil penelitian oleh Chitika pada tahun 2013,

Penelitian chitika pada halaman 1 google

Nah, grafik di atas memperlihatkan bahwa posisi pertama google berpeluang diklik oleh pengunjung 33%. Posisi kedua 18%. Dst.

Jadi, alasan mengapa banyak blogger ingin membuat blog mereka masuk halaman pertama adalah supaya banyak pengunjung. That’s so important.

Pertanyaannya, bagaimana cara menampilkan blog/ website di halaman pertama google?

Oh iya, sebagai pengingat aja. Supaya hasil yang anda peroleh lebih maksimal, silahkan baca langkah-langkah menulis artikel seo disini. Sudah saya beberkan 20 langkah disertai dengan data terpercaya.

Studi Kasus Masuk Halaman Pertama Google

Supaya tidak mengada-ada, berikut ini saya perlihatkan SS peringkat salah satu blog saya.

Studi kasus halaman 1 google

Blog yang menjadi studi kasus adalah jasaseobacklink dot com (Blog jasa backlink).

Kenapa kok gak blog lain?

Gini. Jika saya menggunakan blog lain, maka bisa dikatakan lebih mudah.

Bayangkan saja. Blog saya jasaseobacklink dot com itu blog yang berisi tentang jasa backlink. Jadi, siapa pesaingnya?

Ya pasti jasa backlink lainnya bukan… Kalau pesaingnya juga jasa backlink, pasti mereka itu para jago seo.

So, maksud saya menggunakan blog jasaseobacklink dot com adalah untuk menunjukkan bahwa seberat apapun persaingan, jika anda selalu berusaha pasti bisa masuk halaman pertama.

Kata kunci yang saya target ada 5. Jika anda perhatikan, maka akan terlihat bahwa semua kata kunci yang saya target untuk google.com telah tampil di halaman pertama. Sedangkan untuk google.co.id, 2 kata kunci halaman pertama, 1 kata kunci halaman kedua dan 2 kata kunci halaman ketiga.

Saya rasa itu bukanlah peringkat yang buruk. Melihat pesaing saya adalah para ahli seo.

Berapa waktu yang dibutuhkan untuk masuk page 1?

Sekitar 2 bulan.

Wuh lama banget…

Iya,.. Sudah dibilangin kok. Pesaingnya itu para ahli seo. Jadi harus hati-hati.

Saya sangat berharap, bulan ketiga semua kata kunci bisa masuk page one. Apalagi top 1. Amin.

Menurut saya pribadi, 2 bulan termasuk waktu yang singkat. Melihat tingkat persaingan yang berat ini. Plus, blog ini juga masih baru. Domain saya beli pada akhir 2015. Namun baru saya optimasi sekitar 3 bulan-an lalu. Plus, bulan kemarin tidak saya optimasi sama sekali karena bulan puasa. Pengennya tidur melulu… Hehehe

Bayangkan lagi. Blog baru melawan blog lama. Blog jasa backlink junior vs blog jasa backlink senior. Kurang serem apa coba?… Hahaha lebay

Nah, melalui artikel ini saya ingin berbagi. Apa saja yang harus dilakukan supaya blog anda (baru maupun lama) mampu bersaing dengan blog lain. Sehingga blog anda minimal bisa masuk halaman pertama google.

7 Langkah agar Blog/ Website Masuk Halaman Pertama Google

Langkah-langkah di bawah ini harus anda terapkan secara berurutan agar optimal. Ini bukanlah cara rahasia. Namun, hanya beberapa blogger yang berhasil menerapkannya.

1. Tetapkan domain

Ketika membahas domain, anda akan dihadapkan pada dua dilema. Yaitu, menggunakan keyword atau membuat brend.

#1. Keuntungkan menggunakan keyword sebagai domain adalah sudah tersisipnya keyword tersebut. Contoh, kursusonline.com, belajarseo.com, bisnisproperti.com, dll.

#2. Sedangkan keuntungan menggunakan brend adalah anda akan memiliki merk. Situs anda akan lebih berkelas karena memiliki nama unik. Contoh, quora.com, google.com, yahoo.com, dll.

Lalu, mana tipe domain yang lebih baik anda pilih?

Sebenarnya, sekitar sepuluh-an tahun yang lalu, domain yang mengandung keyword sangat populer. Namun, semakin berkembangnya internet maka tipe domain berkeyword ini mulai ditinggalkan.

Mengapa?

Karena apapun sekarang memerlukan sebuah brand.

Brand mambantu anda terlihat lebih profesional. Brand mampu menjadikan sebuah website lebih mudah diingat karena unik. Brand merupakan identitas pribadi. Dst. Masih banyak sekali kelebihan dari branded keywords.

Jadi, saran saya, lebih baik anda membangun branded domain.

Anda bisa membeli domain di Namecheap. Silahkan cek tutorial membeli domain di Cara Mendaftar Domain di Namecheap.

2. Hosting yang tepat

Jika anda membuat blog/ website self hosting, maka disamping anda perlu untuk membeli domain, juga harus membeli hosting.

Membeli hosting tidak boleh sembarangan. Karena, hosting merupakan gudang penyimpanan semua data dari blog/ wesbite anda. Salah memilih hosting bisa berakibat fatal.

Bayangkan, jika anda yang sudah memiliki blog dengan trafik 5000 per hari tiba-tiba website tidak bisa diakses. Wuh bisa bahaya banget tuh. bisa-bisa pengunjung anda kabur semua. Eror ini berasal dari faktor hosting.

Jadi, anda harus pintar dalam memilih hosting.

Agar anda tidak bingung. Telah saya ringkas 5 penyedia hosting terbaik di dunia. Silahkan cek di 5 Layanan Hosting Terbaik dan Murah.

3. Theme/ template yg friendly

Pernah gak anda melihat theme/ template sebuah blog yang amburadul?

Pasti pernah kan.

Pernah gak anda melihat theme/ template sebuah blog yang lemooooot?

Pasti pernah kan.

Pernah gak anda melihat theme/ template sebuah blog yang jelek banget?

Pasti pernah kan.

Bagaimana perasaan anda ketika melihat blog seperti itu?

Ya pasti gak nyaman banget.

Nah, dalam dunia blogging, memilih theme/ template blog juga harus tepat. Karena ini berpengaruh pada kenyamanan pengunjung. Juga, kecepatan index nantinya.

Jangan pernah berfikir bahwa theme yang baik adalah yang banyak animasinya. Itu salah. Malah, theme seperti ini sebenarnya tidak baik, karena menjadikan loading blog berat.

So, pilihkan theme yang friendly. Maksudnya, theme yang fast response, nyaman dilihat, dll. Pokoknya bersahabat bangetlah ama manusia. Plus, disukai ama mesin pencari.

Theme yang friendly itu cari dimana?

Gak perlu bingung. Jika anda ingin mencari theme friendly secara gratis, cek aja di theme wordpress. Atau jika anda suka yang berbayar, beli aja di themeforest.

4. Fokus topik

Satu dilema lagi. Sebenarnya enak mana sih, blog fokus satu topik atau blog gado-gado?

Saya mengutip dari salah satu internet marketer dunia, Harsh Agrawal. “Blog gado-gado itu tidak baik untuk pembaca, seo dan berburu uang”.

Benarkah?

Ya benarlah. Dia tuh senior kita, kok gak percaya.

#1. Jadi gini. Mengapa blog gado-gado kok kurang disukai pembaca?. Karena blog anda terlihat tidak profesional.

Saya tanya anda. Mengapa biaya ke dokter gigi lebih mahal daripada biaya ke dokter umum?. Ya karena dokter gigi itu dokter spesialis. Semakin spesifik sesuatu, maka nilai jualnya akan semkain naik.

Begitu juga dengan blog.

Jika blog anda hanya membahas satu topik, maka pengunjung akan berfikir bahwa anda adalah orang yang ahli dalam satu bidang ini. So, anda terlihat profesional.

Tapi kalau blog anda gado-gado, orang akan susah percaya dengan isi blog anda. Karena tidak ada orang yang ahli dalam semua bidang. Artinya, sangat tidak masuk akal seorang blogger ahli dalam berbagai topik. Blog gado-gado memperlihatkan ketidak profesionalan anda sebagai seorang blogger.

#2. Blog gado-gado tidak baik untuk seo. That’s right. Karena Google (Saya spesifikkan ke mesin ini) sangat menyukai blog yang isinya relevant antara konten satu dengan yang lain.

Blog gado-gado?… 100% tidak relevan. Karena terlalu banyak pembahasan.

#3. Blog gado-gado susah utuk berburu uang. Tau kenapa?. Andaikan anda adalah publisher, maka akan ada sedikit sekali Advertiser yang tertarik dengan blog anda. Karena si Advertiser tidak tau iklan apa yang cocok untuk blog gado-gado. Mau pasang iklan bisnis, eh artikelnya nanti muncul makanan.

Jadi, lebih baik anda membuat blog yang fokus pada satu topik.

5. Buat artikel yang berkualitas

“Konten adalah raja”. Pepatah ini sangatlah benar.

Sebaik apapun nama domain, hosting, theme blog anda, tanpa konten yang berkualitas maka hasilnya NOL.

Artikel yang berkualitas mampu menjawab pertanyaan dari pengunjung. Artikel berkualitas juga sangat berpeluang untuk viral (di promosikan).

Untuk menulis sebuah konten (artikel) yang berkualitas, ada 20 tahapan. Saya sudah menulisnya di Artikel SEO: 20 langkah menulis konten yang disukai Google dan Pengunjung.

6. Promosi konten

Semua telah anda optimasi. Sekarang waktunya untuk melakukan promosi.

Anda jangan pernah berpikir bahwa konten anda akan dibanjiri banyak pengunjun tanpa promosi. Itu salah besar.

Promosi sangatlah penting. Dengan promosi, anda akan memperkenalkan pengunjung tentang konten anda, blog anda. Dengan promosi pula anda bisa memperoleh pengunjung baru dan membuat mereka menjadi loyal.
Promosi konten blogNeil Patel mengatakan bahwa kekuatan sebuah blog sebenarnya ada pada kemampuan dalam promosi. Karena 70% kesuksesan sebuah konten berasal dari promosi itu.

Metode promosi ada dua, gratis dan berbayar.

Untuk yang gratis, anda bisa mempromosikan konten melalui:

  • Group (Fb, Yahoo group, dll.)
  • Forum (Bersosial, Ads.Id, dll.)
  • Social Media (Facebook, twitter, instagram, dll.)
  • Dari mulut ke mulut (Ngomong langsung ke orang lain)

Sedangkan yang berbayar, anda bisa promosi melalui:

  • Facebook Ads
  • Google Ads
  • Bing Ads
  • Twitter Ads

Saya pernah diberi nasihat oleh salah satu blogger terkenal Indonesia. Ia mengatakan, “Menulis konten itu harus berkualitas. Lalu, dalam satu minggu selanjutnya, fokuslah untuk mempromosikan konten tersebut“.

Baca juga, cara saya meningkatkan pengunjung blog hingga 3,5 ali lipat hanya dalam waktu 1 minggu. Klik disini

7. Analisis

Seperti dalam teori manajemen, poin terakhir selalu analisis, peninjauan ulang atau tindakan koreksi.

Ini memang sangat penting.

Anda akan mengetahui apakah konten anda dan promosi anda sudah optimal melalui proses analisa ini. Jika ternyata belum optimal, harus ada tindakan perbaikan.

Tindakan perbaikan bisa berarti mengedit isi konten, mungkin kurang berbobot. Atau lebih meningkatkan kegiatan promosi.

Untuk menganalisa, anda bisa memperhatikan grafik pengunjung, tingkah laku mereka, komentar mereka, dari mana mereka bisa tau konten anda, dll. Ini semua perlu anda ketahui.

Tenang saja, semua ini bisa anda peroleh melalui Google Analytic. Silahkan daftar, lalu pantau kinerja blog/ website anda.

Itulah ketujuh langkah yang harus anda lakukan supaya konten/ artikel blog yang telah anda buat bisa masuk halaman pertama Google. Terlebih lagi, bisa masuk Top 1 Google.

Tentu, saya yakin anda memiliki masukan-masukan yang luar biasa. Oleh karena itu, silahkan tuliskan masukan anda ke dalam kolom komentar agar nanti bisa saya jadikan bahan update konten ini.

Sekian artikel tentang “7 Langkah agar Blog/ Website Masuk Halaman Pertama Google [Studi Kasus]“. Semoga bermanfaat. Kalau mau bertanya atau memberi masukkan, langsung komen aja ya. 100% gratis kok. Hehehe

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?