Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail

Keyword Panjang atau Pendek

Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail – Sudah menjadi pertanyaan umum bagi para blogger, “di tahun 2015 ini, lebih baik menggunakan Long Tail Keyword Keyword panjang) atau Short Tail Keyword (Keyword Pendek)”.

Hasilnya menurut para pakar SEO yaitu lebih baik menggunakan Long Tail Keyword.

Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, “Mengapa ?”.

Berikut ini dua alasan mengapa Keyword Panjang lebih baik dibandingkan dengan keyword pendek.

Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail

1. Meminimalisir Kompetitor

Salah satu hal yang sering dilakukan oleh para blogger dalam membuat konten adalah dengan menargetkan keyword yang banyak dicari oleh pembaca internet.

Secara sederhana memang ini merupakan keputusan yang tepat. Andaikan konten yang dibuat berhasil menempati posisi pertama Serp dapat dipastikan lautan pengunjung akan berhasil dijaring.

Baca: 7 Langkah agar blog masuk halaman pertama google [Studi Kasus]

Namun, satu hal yang sering dilupakan adalah semakin banyak orang yang mencari keyword tersebut maka orang yang membuat konten akan semakin banyak pula – alias semakin banyak kompetitor.

Ini berarti untuk mendapatkan posisi pertama di Search engine sangatlah sulit.

Hanya ada satu cara yang harus dilakukan oleh para blogger di tahun 2015 ini agar bisa menempatkan konten mereka pada posisi baik di serp, adalah dengan menerapkan long tail keyword.

Ini ditujukan untuk meminimalisir competitor.

Contoh, jika keyword yang anda target adalah “Cara membuat Blog”, maka jika dibuat Long Tail Keyword bisa menjadi “Cara membuat blog dengan mudah”. So, jangan malu-malu untuk menerapkan tekning keyword panjang ini.

Coba lihat riset sederhana yang telah Saya lakukan dengan menyisipkan target keyword “Cara Membuat Blog”.

riset keyword cara membuat bakso

Nah, dari gambar diatas dapat dilihat bahwa jika kita menggunakan keyword “cara membuat blog”, maka total jumlah pesaing kita ada 1.440.000 konten. Waduh, banyak banget ya, hehehe. Coba kita bandingkan dengan keyword “cara membuat blog dengan mudah”,

riset keyword cara membuat bakso

Nah, jumlah competitor keyword “cara membuat blog dengan mudah” berjumlah hanya 750.000. Jadi, jumlah kompetitornya lebih sedikit kan …

2. Keyword panjang banyak dicari pengunjung

Kata siapa keyword panjang itu jarang dicari oleh pengunjung ?. Secara sekilas memang benar keyword panjang itu jarang dilirik oleh pengunjung. Namun, Google ternyata telah berbaik hati. Google menyediakan Kolom “Google Suggest”.

Baca: 20 langkah menulis konten yang disukasi google dan pengunjung

Google Suggest merupakan kolom google yang berada pada serp yang berisi pilihan keyword-keyword panjang. Posisi google suggest ada dua, pertama pada kotak pencarian dan yang kedua ada dibagian bawah serp.

Contoh, silahkan tuliskan pada kotak pencarian Google tentang “cara membuat bakso”, maka akan muncul Google suggest seperti dibawah ini,

google suggest cara membuat pentol

Kenyataannya, jika pembaca yang sebelumnya ingin memasukkan keyword pendek lalu Google menyuguhkan pilihan Keyword panjang, apa yang akan dilakukan oleh pembaca ?. Yup, pembaca akan lebih tertarik untuk mengklik keyword panjang.

Itulah kedua alasan mengapa pada tahun 2015 ini keyword panjang atau dalam bahasa kerennya Long Tail Keyword sangat dianjurkan dalam men-seokan blog.

Baca: 7 cara meningkatkan pengunjung blog hingga 78,6% dalam 1 minggu

Sekian artikel tentang “Lebih Baik Keyword Panjang atau Pendek: Long Tail Keyword atau Short Tail”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf

  • Setuju, bahkan Spencer Haws dari NichePursuits menghasilkan ribuan dollar dengan membidik long tail keywords.

    • Iya gan. Soalnya didalam long tail pasti tersimpan short tail

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?