Jasa
DOWNLOAD NOW! Tutorial Wordpress Lengkap. GRATIS!

Pentingnya Membangun Bisnis Yang Beretika

Memiliki Sebuah Bisnis yang berkembang sangat pesat dan bertahan lama merupakan impian dari setiap Pebisnis. Entah itu hanya bisnis yang termasuk dalam kategori kecil, seperti menjual jajanan maupun bisnis yang dalam skala besar, seperti Perusahaan Rokok.

Untuk mencapai tujuan mereka ini, yaitu untuk mengembangkan Bisnisnya secara cepat maka sering kali Pebisnis-Pebisnis ini melakukan banyak cara yang termasuk kedalam cara yang tidak beretika. Sebagai contoh, Perusahaan yang bergerak dalam produk Minuman Instan yang sering kita lihat iklannya di TV (Saya tidak akan menyebutkan merknya). Pasti Anda pernah melihat iklan minuman yang secara tidak langsung menjelekkan produk minuman yang lain. Atau pada produk Obat Saset, yaitu produk A memiliki slogan produk “Orang Pintar Minum A”, eh kemudian muncul produk B yang merendakan produk A dengan kata-kata “Orang Pinter kalah dengan Orang Bejo, Orang Bejo Minum B”. Dan masih banyak perusahaan-perusahaan lain yang cara promosinya dengan menjatuhkan pihak lain alias tidak beretika.

bisnis yang beretika

Artikel “Pentingnya Membangun Bisnis Yang Beretika” Saya Sharekan dengan tujuan untuk menunjukkan kepada para Pebisnis bahwa untuk mencapai kesuksesan dalam berbisnis diperlukan Etika Bisnis. Oleh karena itu, Etika Bisnis memiliki peran yang sangat Penting Jika Pebisnis tersebut menginginkan Usaha mereka bertahan lama.

Etika seakan telah menjadi bagian yang terlupakan dalam dunia bisnis, yang tampak hanya bagaimana cara untuk bisa mendapatkan keuntungan sebanyak dan secepat mungkin. Padahal hal ini jelas dilarang karena etika bisnis yang baik itu mengajarkan untuk tidak merugikan pihak lain.

Etika Bisnis merupakan atura-aturan yang wajib dipatuhi oleh semua Pebisnis, baik dia adalah seorang Manajer maupun hanya seorang karyawan. Etika Bisnis memiliki jangkauan yang lebih luas jika dibandingkan dengan aturan-aturan yang tertulis. Dengan menerapkan Etika Bisnis maka jaminan akan keberlangsungan suatu bisnis akan terjamin karena bisnis yang beretika memiliki citra yang baik dihadapan banyak orang yang dalam hal ini adalah Customer.

Entah mengapa Perusahaan-Perusahaan di Indonesia belakangan ini melupakan tentang adanya etika bisnis. Dari mulai Cara pembuatan produk hingga cara promosi. Padahal jika hal ini terus berlanjut maka peluang perusahaan tersebut akan bangkrut sangatlah besar. Ini dikarenakan satu hal, “TIDAK BERETIKA”.

Coba kita lihat salah satu kisah dari Perusahaan asing yang sukses di Amerika karena selalu senantiasa menerapkan Etika Bisnis, yaitu Johnson & Johnson (J&J). Pada tahun 1982 J&J mendapatkan kasus dikarenakan produk mereka Tylenol telah membunuh 7 orang di Chicago setelah dikonsumsi. Penelitianpun dilakukan dan didapati bahwa Tylenol mengandung zat yang sangat berbahaya, yaitu racun Sianida.

Meskipun penyelidikan masih dilakukan, namun J&J sebagi pihak yang bertanggung jawab langsung menarik 31 Juta Botol Tylenol dipasaran dan mengumukakan kepada masyarakat agar untuk saat ini tidak mengkonsumsi produk tersebut hingga produk tersebut benar-benar dinyatakan aman. J&J bekerja sama dengan Polisi, FBI dan FDA melakukan penyelidikan dan kemudian didapatkan hasil bahwa racun Sianida yang ada didalam botol Sylenol yang telah menewaskan 7 orang di Chicago itu dikarenakan ada pihak lain yang memasukkannya. Jadi, racun tersebut bukan berasal dari produk J&J.

Biaya yang dikeluarkan oleh J&J untuk menangani kasus ini tidak sedikit, yaitu 100 Juta Dolar. Namun dari tindakan yang beretika yang ditunjukkan oleh J&J ini reputasi perusahaan ini semakin bagus dan masih dipercaya hingga saat ini. Tylenol kembali diluncurkan di Masyarakan dengan memodifikasi tutup botol yang lebih aman dan berhasil menjadi Top Produk di Amerika Serikat.

Mengutamakan Keselamatan Konsumen merupakan Pilihan Utama dalam semua tindakan yang dilakukan oleh J&J. Hingga akhirnya, Konsumenpun memandang J&J sebagai perusahaan yang memiliki Kredibilitas Tinggi dan Bisa dipercaya untuk jangka Panjang.

Kisah J&J diatas hanya merupakan satu diantara banyak Perusahaan yang sukses membangun bisnisnya dikarena mereka mau menerapkan Etika Bisnis. Semoga saja Indonesia Mampu meniru mereka.

Sekian Artikel Tentang “Pentingnya Membangun Bisnis Yang Beretika”. Luangkan sebagian kecil saja waktu untuk membagikan artikel ini kepada teman-teman Anda. Hanya dengan klik Icon Social Media dibawah ini. Terimakasih – SEOblogaf

PELAJARI
BAGAIMANA
CARA SAYA
MENDAPATKAN 10 JUTA/ BULAN

Join Kursus Yuk.. GRATIS
JOIN NOW
10 JUTA/ BULAN MAU?